Selasa, 25 Maret 2008

Air Terjun Lematang Pagar Alam, Bersama Alam



100_18653.jpg


Foto diatas merupakan ekspresi bersama teman-teman Oversight Consultant Sumatra Selatan tanggal 23 September 2006 di kawasan Air Terjun Lematang, Kota Pagar Alam. Aktifitas pelatihan community self survey (CSS) pada 18-28 September 2006 yang bertepatan dengan bulan puasa menghantarkan kami semua untuk rileks sejenak menikmati alam.   


Kepenatan suasana pelatihan yang memakan waktu 12 hari rasanya sirna ketika melihat air tercurah dari atas bukit dan jatuh disungai. Suaranya yang alami dan membangkitkan inspirasi baru semakin menggoda untuk segera dinikmati. Air Terjun Lematang siap menyambut kedatangan anda.


Posisi dari obyek wisata ini adalah antara kabupaten Lahat dan kota Pagar Alam.  Diperkirakan tinggi air terjuan sekitar 40 meter lebih. Pada hari-hari libur atau Minggu, air terjun ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sebelum sampai dilokasi maka para wisatawan bisa merasakan asyiknya perjalanan dengan tikungan tajam, dan kelokan yang cukup menegangkan, tapi secara umum kondisi infrastruktur jalan lumayan.


Lokasi dari wisata ini sangat mudah untuk dijangkau, baik dari Lahat maupun Pagar Alam. Karena berada tidak jauh dari jalan raya antar kabupaten/kota tersebut maka  kawasan Lematang pasti dilalui. Pengunjung bisa memarkir kendaraan di tepi tikungan, yang sudah disiapkan. Selanjutnya untuk lebih mendekat ke lokasi air terjun pengunjung harus menuruni beberapa anak tangga, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki beberapa puluh meter saja.


Lokasi ini juga sering digunakan sebagai objek wisata olah raga Arung Jeram, fasilitas yang ada didalam kompleks wisata ini, anda bisa menyewa pelampung berupa ban dengan ukuran besar, umumnya para pengunjung ingin merasakan diterpa derasnya air terjun, sambil berteriak-teriak riang, merasakan antara sakit dan geli. (Sha 5 w).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon