Kamis, 06 Maret 2008

Domain, Ekstensi yang utama Com, Org, dan Net

beli-domain

Domain, pengertiannya adalah Nama Identitas, yang dimaksudkan sebagai pengganti dari Internet Protocol (IP). Bisa dibayangkan apabila anda harus menghafal Internet Protokol (IP) yang bernama 65.94.230.36, pasti pusing bukan? Heheh. Padahal IP ini adalah www.yahoo.com. Nah Yahoo.com inilah yang kemudian disebut dengan istilah domain. Jadi Yahoo.com mengantikan nama: 65.94.230.3.
Domain untuk operasionalnya dikenal beberapa aturan penggunaannya, untuk nama domain terkait dengan organisasi, misalnya .edu akan digunakan untuk institusi pendidikan, yang lain .org akan digunakan untuk organisasi. Disamping itu ada domain yang menunjuk negara asal seperti misalnya .ac.id yang digunakan pada lembaga pendidikan di Indonesia, dst.


Domain, dan tingkatan ekstensinya :




  • Tingkat Pertama: disebut Top Level Domain (TLD) adalah deretan kata dibelakang nama domain misalnya : .com (dot-commercial), .net (dot-network), .org (dot-organization), .edu (dot-education), .gov (dot-goverment) dan .mil (dot-military)

  • Tingkat Kedua: disebut Second Level Domain (SLD), adalah nama yang sebenarnya terdaftar, misalnya wordpress.com, maka wordpress adalah SLD sedamgkan .com adalah TLD

  • Tingkat Ketiga: disebut Third Level Domain, yaitu sering disebut dengan subdomain, nama sebelum SLD dan TLD seperti misalnya shalimow.wordpress.com, nama shalimow adalah sub domain atau Third Level Domain.


Demikian paparan blogger senayan tentang domain, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon