Selasa, 27 Mei 2008

GOOGLE

Google pada awalnya merupakan sebuah proyek penelitian dua mahasiswa Ph.D. Stanford University, yaitu Larry Page dan Sergey Brin (1996) dengan tema yang mengembangkan sebuah teori bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu.


System Back Rub demikian dinamakan dalam operasionalnya menggunakan backlink untuk memperhitungkan seberapa penting akan posisi sebuah blog/ situs. Karena yakin bahwa halaman dengan paling banyak di link menuju halaman tersebut dari halaman-halaman web yang relevan lainnya. Page dan Brin akhirnya mencoba tesis ini menjadi fondasi bagi mesin pencari mereka.


Kemudian membentuk perusahaan Google Inc. pada tanggal 7 September 1998 dengan kantor pertamanya di ruang garasi rumah seorang teman mereka di Menlo Park, California. Selanjutnya pada Februari 1999, perusahaan tersebut pindah ke kantor di 165 University Ave., Palo Alto, California, dan akhirnya  pindah ke "Googleplex".


Google meledak dan Sangay populer bagi pegiat dunnya maiyya karena desainnya sederhana dan hasil pencariannya yang relevan. Iklan mereka jual berdasarkan kata kunci (keyword). dan iklan-iklan tersebut diharuskan menggunakan teks saja agar desain halaman tetap rapi dan loading halaman tetap cepat. Google semakin memperkuat pengaruhnya dan dari iklan-iklannya pada akhirnya mendapatkan provit.


September 2001, telah digunakan mekanisme pemeringkatan Google (PageRank) yang dipatenkan Amerika. Hak paten tersebut diberikan kepada Leland Stanford University dengan tetap mencantumkan Lawrence Page sebagai sang pencipta.


Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, pemilik dari Blogger, yang sudah menjadi situs web pemimpin hosting weblog. Proses akuisisi ini sedikit mengubah haluan dengan misi umum Google, namun langkah ini menjadikan Google mendapatkan informasi dari posting-posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel-artikel di Google News.


Pada awal 2004, Google sudah menguasai lebih dari 80 persen permintaan pencarian dengan mesin pencari didunnyaa maiyya melalui situs webnya. Sedangkan klien-klien lanilla seperti Yahoo!, AOL dan CNN. Share Google turun sejak Yahoo! melepaskan teknologi pencarian Google pada bulan Februari 2004. (Sha 5 W).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon