Kamis, 01 Mei 2008

NGEBLOG dan Memahami Istilah yang Populer

Seorang Blogger pemula hukumnya wajib untuk mengenal Dunya maiyya (Online) secara kaffah, meskipun online kadang bagi sebagian orang terkadang masih sebuah dunia yang agak baru atau bahkan sama sekali baru. Untuk mempercepat proses memahami dunia Online, cara ngeblog, internet marketing, dll maka berikut sebuah sajian istilah-istilah yang sering ditemuai saat ngeblog.


Sebelum melakukan aktifitas Ngeblog maka seorang blogger dituntut untuk membaca, mengerti, dan memahami tentang:


Blog: Layanan di web yang digunakan untuk menulis jurnal yang biasanya secara rutin diupdate. Ada jenis blog yang secara cuma-Cuma, namun ada juga yang berbayar. Kita bisa memposting tulisan-tulisan kita semua hal yang menarik untuk dibaca oleh publik.


Browser web (Web browser): adalah software yang digunakan untuk menelusuri dan menampilkan informasi dari web server, seperti Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox, Safari.


CSS (Cascading Style Sheets): Bahasa yang direkomendasikan W3C (World Wide Web Consortium) untuk mendefiniskan style (seperti jenis, ukuran, warna huruf, dan lain-lain) untuk dokumen web.


Domain: Di dunia internet atau web, domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah alamat komputer.


FAQ: Kependekan dari Frequently Asked Questions atau “pertanyaan yang sering diajukan”. FAQ merupakan salah satu feature website yang menyajikan daftar jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan berkaitan dengan layanan atau penggunaan informasi yang disajikan oleh website tersebut.


FTP: File Transfer Protocol, yaitu protokol yang memungkinkan seseorang mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya. FTP biasa digunakan untuk menransfer file web kita ke komputer server atau penyedia hosting.


HTML: HyperText Markup Language. HTML merupakan bahasa yang digunakan is the language used to tag various parts of a Web document so browsing software will know how to display that document’s links, text, graphics and attached media.


HTTP: Kependekan dari Hypertext Transfer Protocol, yaitu aturan-aturan yang digunakan untuk menghubungkan dan mengirimkan dokumen-dokumen hypertext seperti web.


Hyperlink: Tanda atau penunjuk ke dokumen lain web Hyperlink sinonim dengan hotlink atau link.


Hypertext: Dalam dunia web, hypertext adalah teks yang bisa di-klik.


OK, belum binggung kan? blogger harus memahami lagi nich beberapa istilah lainnya:


IP: Kependekan dari Internet Protocol. Protokol yang digunakan untuk mengirim data dalam sebuah jaringan, terutama pada jaringan internet. IP berbentuk bilangan yang terdiri dari empat angka yang dipisahkan dengan titik.


JPEG atau JPG: Joint Photographic Experts Group, yaitu Format grafik yang cocok digunakan untuk gambar-gambar dengan banyak warna.


Link: Koneksi hypertext antar halaman-halaman web. Sinonim dengan hotlink atau hyperlink.


URL: Uniform Resource Locator, yaitu alamat dokumen atau sumber-sumber lain di internet. URL menyajikan informasi tentang bagaimana sebuah server serta alamat-alamat file lainnya diakses.


Search engine: Program atau software yang digunakan untuk mencari dokumen-dokumen di internet berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Search engine yang paling popler saat ini adalah Google dan Yahoo.


Site: Sinonim dengan halaman web atau website. Dalam bahasa Indonesia, kita sering menyebutnya situs.


Website (web site) merupakan sekumpulan halaman-halaman web (web page), gambar, video atau aset-aset digital lainnya yang disimpan pada satu atau lebih web server, biasanya dapat diakses melalui internet.


Web Document: Dokumen HTML yang bisa dicari lewat internet.


World Wide Web: Atau dikenal juga dengan istilah WWW atau W3 adalah layanan internet berbasis hiperteks yang digunakan untuk menelusuri sumber-sumber di internet.


Setelah memahami ini, silahkan anda langsung beraktifitas ngeblog dengan menggunakan tutorial yang bagus. selamat ngeblog wahai para blogger mania. (Sha 5 W).


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon