Rabu, 04 Juni 2008

Search Engine

menjadi-top-10-ranking-di-search-engineSearch Engine atau Mesin pencari adalah program yang diisain untuk membantu seseorang menemukan data yang disimpan dalam server atau komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari umumnya menggunakan indeks tertentu untuk mencari data setelah pengguna memasukkan sebuah kata kunci pencarian.


Mesin pencari menkoleksi data yang tersedia pada database besar, newsgroup, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Proses pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, maka mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.


Mesin pencari dikelola oleh perusahaan yang menggunakan rumus algoritma tertentu dengan database yang tertutup. Beberapa mesin pencari yang paling populer antara lain: Google, MSN Search dan Yahoo!.


Mesin pencari web proses kerjanya dengan cara menyimpan beragam informasi halaman web, dari WWW. Halaman-halaman trsebut diambil dengan web crawler, adalah browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi dari tiap halaman lalu dianalisis untuk kemudian ditentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Selanjutnya data halaman web disimpan ke database indeks sebagai bahan dasar dalam pencarian berikutnya.


Manfaat dari mesin pencari bergantung dari relevansi hasil-hasil yang didapatnya, meski ada beragam pilihan namun hanya beberapa halaman mungkin paling relevan, populer, daripada yang lain. Mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil “terbaik” lebih dahulu.


Mesin pencari web telah menjadi usaha komersial yang berpenghasilan besar dari pemasangan iklan bahkan ada yang menyediakan fasilitas membolehkan pengiklan membayar tinggi untuk halaman blog diberi peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon