Kamis, 15 Januari 2009

Bola Untuk Sepak Bola

Bola yang dipergunakan untuk permainan sepakbola, tentunya mengikuti sejarah perkembangan sepak bola itu sendiri. Sejak lahirnya permainan sepak bola beberapa rataus tahun sebelum masehi sampai menuju sepak bola modern. Bola yang digunakan tentu menglami perubahan-perubahan yang dinamis


Bola yang digunakan dalam sepak bola sejak tahun 260 SM di Cina menggunakan bola dari kulit binatang yang didalamnya ada isinya, permainan bola saat itu dikenal dengan “tsu chu “. Bola yang digunakan dalam sepak bola di Jepang (Kemari) pada abad ke-8. mempergunakan kulit kijang namun ditengahnya sudah lubang dan berisi udara. Sedangkan Bola dalam permainan sepak bola kuno yang lain di Mesir pada awal Masehi. bola yang terbuat dari buntalan kain linen.


ball-world-cup Pada era sepak bola modern, penggunaan Bola disesuaiakan dengan aturan yang sudah ditetapkan pada masa itu. Bola sudah ddibakukan terbuat dari bahan kulit/kulit buatan yang didalamnya ada udara. Ukuran dan beratnya juga ditentukan.


Pada pelaksanaan piala dunia maka dipergunakan beragam nerk bola, selengkapnya adalah: Telstar : Meksiko, 1970 bola yang berwarna hitam-putih. Dengan dengan 32 panel yang desainnya menjadi ikon bola untuk olahraga sepakbola. Disusul bola Telstar Durlast: Jerman Barat, 1974 Desainnya sama persis dengan Telstar seperti piala dunia 1970.



Dua piala dunia terakhir Korea Japan, 2002, bola Fevernova digunakan, untuk pertama kalinya sejak 1978, Fevernova merubah tradisi pola desain Tango. Desain yang digunakan adalah lidah api . Teknologi yang cangih telah digunakan untuk membuat bola sehingga menjadi presisi dan akurasi tinggi.
Teamgeist: Jerman, 2006, Adidas memanfaatkan peristiwa ini untuk pertama kalinya dalam sejarah piala dunia, penggunaan satu bola untuk satu pertandingan. Dan yang luar biasa adalah setiap bola dinamai negara yang bertanding, nama stadion yang digunakan dan waktu pertandingan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon