Jumat, 02 Januari 2009

ESTROGEN, Perempuan Dahsyat dan Tangguh

Hasil penemuan dari peneliti Universitas Michigan, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa hormon seks Estrogen pada perempuan memiliki peran yang sama dengan hormon seks testosteron pada laki-laki. Estrogen berperan penting sebagai kekuatan dan sifat bersaing para perempuan seperti halnya testosteron pada laki-laki, Jumlah kadar Estrogen pada perempuan akan mengalami peningkatan tajam terutama pada mereka yang punya motivasi kuat untuk meraih suatu kemenangan dan menurun drastis pada saat kalah.


Penelitian Steven Stanton di bawah arahan Oliver Shultheiss dari Human Motivation & Affective Neuroscience Lab di Universitas Michigan, menunjukan hasil bahwa kebutuhan perempuan akan kekuasaan dengan mengamati kadar estrogennya, dan dibandingkan sebelum dan sesudah mengikuti kontes one-on-one dominasi. Hasilnya, menegaskan bahwa sebelum perempuan memasuki sebuah arena kontes, tingginya motivasi untuk menguasai sejalan dengan tingginya kadar estrogennya.



Perempuan yang berhasil sebagai pemenang kontes menunjukkan peningkatan estrogen sesudah kontes berlangsung, jika mereka telah memiliki kebutuhan akan kekuasaan yang tinggi (need of power). Dan yang sebaliknya, perempuan yang kalah menunjukkan penurunan estrogen setelah kontes berlangsung. Efek yang demikian tidak ditemui pada perempuan yang tidak memiliki kebutuhan menguasai (need of power) yang tinggi.

Keberadaan Estrogen juga dihubungkan dengan jenis kepribadian, perempuan, sebagian besar pada usia 20-an, menunjukkan kondisi yang beragam., makin tinggi kadar hormon Estrogen perempuan, maka makin tinggi pula kekuatan motivasinya.

Menurut Pernyataan Stanton.“Temuan kami menunjukkan kesamaan dengan apa yang telah kami pelajari dari kaitan motivasi menguasai dan hormon testosteron pada  laki-laki.” ungkap Schultheiss. Pada laki-laki, motivasi menguasai diasosiasikan dengan peninggian kadar hormon testosteron, terutama setelah kemenangan dalam kontes. Pada perempuan, estrogen tampaknya merupakan hormon yang bertanggung jawab terhadap motivasi menguasai.


Jadi, keberadaan Estrogen bisa diibaratkan sebagai cadangan energi bagi para perempuan, dan menjadikanya semakin dahsyat, sebagaimana testosteron merupakan energi dahsyat bagi laki-laki.


Tulisan ini disarikan dari beberapa Sumber. (Sha 5 W).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon