Rabu, 04 Februari 2009

Pagerank (PR) dari Google

Pagerank (rangking blog) adalah tingkat populernya sebuah website/blog yang didasarkan atas kuantitas dan kualitas dari aksesibiltas blog tersebut. Banyaknya pengunjung pada sebuah blog dari nomor IP (internet protokol) yang berbeda (hits) serta besarnya jumlah tampilan halaman (page view) dari blog anda.


Pagerank atau lebih lengkapnya Google Pagerank merupakan ranking yang diberikan khusus oleh Google. Skala ranking yang digunakan Google adalah 1 sampai 10, jadi apabila semakin tinggi pagerank blog anda maka semakin baik dan berkualitas blog anda menurut mesin pencari google. Sudah pasti konsekuensinya blog anda akan punya peluang lebih tinggi muncul dihalaman lebih depan dibandingkan dengan pagerank dibawah anda.


Salah satu dasar dari perhitungan pagerank adalah jumlah dari kunjungan (hits dan page view), selain itu Pagerank juga dipengaruhi jumlah link blog anda baik link dalam blog maupun link blog dari blog orang lain. Ini berarti semakin banyak blog yang nge-link blog anda, maka kemungkinan besar Pagerank blog punya peluang untuk meningkat. Lebih-lebih dilink oleh blog dengan PR tinggi maka hal ini tentu sangat bermanfaat bagi PR anda.


Pagerank dihitung secara matematika (algoritma) dengan menggunakan rumus tertentu, bagi anda yang tidak dibidang ini tentu akan pusing kalo mempelajarinya. Memang pagerank sebuah pengetahuan yang secara umum harus diketahui oleh para blogger.


Pagerank bagi sebagian orang (blogger) merupakan salah satu tujuan aktifitas ngeblognya. Selain sebagai bagian dari aktualisasi diri sebagian blogger juga berkepentingan dengan monetize. Seperti diketahui beberapa bisnis online mempersyaratkan Pagerank tertent, paid review misalnya. Semakin tinggi PR tentu job review yang diberikan umumnya berharga lebih tinggi.


Pagerank juga mempunyai kaitan dengan bisnis online lainnya seperti pemasang iklan, pemasang iklan tentu kan memperhitungkan biaya yang dikeluarkan dengan sejauh mana jumlah pengunjung dari blog yang dipasangi iklan tersebut. Selain itu menurut saya pagerank sebuah blog tentu akan berpengaruh pada faktor yang lain seperti psikis, sosial, ekonomi blogger itu sendiri. (Sha 5 w).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon