Minggu, 15 Februari 2009

Tim Sepak Bola

Sebuah Tim sepak bola pada umumnya tergabung dalam sebuah klub atau perkumpulan tertentu. Jenis klub sepakbola tersebut beragam bentuk pengelolaanya, mulai dari yang professional, semipro, amatir, bahkan tarkam (antar kampung).
Tim sepak bola terdiri dari maksimal sebelas pemain yang bermain dalam sebuah pertandingan, salah satunya berfungsi sebagai penjaga gawang. Penjaga gawang diperbolehkan untuk memegang bola dengan tangan atau lengannya di dalam kotak penalti yang ada di depan gawangnya.


Tim sepak bola ketika bermain dilapangan umumnya dipimpin oleh seorang kapten, yaitu salah seorang dari sebelas pemain yang ditunjuk oleh pelatih. Kapten tim umumnya dipilih dari pemain yang mempunya tingkat kedewasaan didalam dan diluar lapangan, serta kemampuannya dalam berkomunikasi dengan anggota timnya.


Pemain kedua tim dilarang memegang bola dengan tangan atau lengan ketika bola masih dalam permainan efektif, yang diperbolehkan adalah menggunakan bagian tubuh yang lainnya. Sejumlah tertentu pemain bisa digantikan oleh pemain cadangan pada masa permainan. Hal yang menjadi alas an pergantian pemain termasuk cedera, keletihan, kekurangefektifan, perubahan taktik, atau untuk membuang sedikit waktu pada akhir sebuah pertandingan.


Tim sepak bola umumnya mempunyai kostum tim yang khusus, kostum ini juga berfungsi sebagai identitas dari tim. Pada waktu permainan kedua tim harus menggenakan kostum dengan warna yang mudah dikenali dan perbedaannya jelas. Kalaupun bila kedua tim mempunyai warna kostum yang sama maka akan diutamakan pada tuan rumah untuk memakai kostumnnya. Namun bila bermain ditempat netral biasanya dilakukan pengundian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon