Kamis, 12 Maret 2009

Monitoring Kegiatan Pelatihan di Kota Batu Jawa Timur.

Meskipun Minggu dan Senin (Tanggal Merah) merupakan hari libur, namun aku dengan senang hati dan ikhlas menerima tugas Dinas Luar ke Kota Batu Jawa Timur. Tugas untuk melakukan monitoring pelaksanaan Pelatihan Pra tugas Fasilitator ini benar-benar saya nikmati, karena selain bekerja saya juga ada kesempatan mampir ke rumah Malang. Klop dengan pepatah: sekali merengkuh dayung 2, 3 hari capeknya tidak hilang-hilang pulau terlampaui.


Tepatnya pada tanggal 8-12 maret 2009 aku harus mengemban amanat tugas ini. Memang sudah menjadi salah satu bagian tugasku: capacity building expert untuk memastikan kegiatan yang dilakukan mitra kerja di Oversight Consultant (OC) dilakukan sesuai dengan Term of Reference (TOR) yang sudah dikonsultasikan dan disetujui sebelumnya.


Dalam Program yang ditangani oleh kantor tempat saya bekerja, kegiatan di ini merupakan “terbesar” yang dilakukan oleh OC. Oversight Consultant Jawa Timur dibantu oleh OC regional XV dan XVI memfasilitasi pelatihan dengan jumlah 24 kelas. Jumlah peserta adalah 500 orang lebih. Untuk nasional trainer harus mengimpor dari Jawa barat, Jawa tengah, dan DI Yogyakarta.


Pelaksanaan kegiatan tersebar di empat buah hotel, antara lain di Wijaya, Grand Palem, Mutiara dan Nirwana Songgoriti. Dengan ditemani udara dingin khas kota Batu, tugas ini saya lakukan dengan senikmat mungkin. Keluar masuk kelas satu ke yang lainnya, dari hotel satu ke hotel lainnya. Interaksi, diskusi dan evaluasi dengan pemandu dan panitia juga kerap kali mewarnai tugas kali ini.


Meskipun melelahkan namun bagiku tugas ini menyenangkan, apalagi melihat semangat para peserta yang fight untuk melahap materi sampai durasi 17 hari. Saya terperanjat dengan acara yang dilakukan untuk pisah kenal Pemandu shift pertama dan kedua, acaranya heboh, dan gila seperti Inagurasi atau Opspek dikampus.


OK, saya hanya bisa mengucapkan selamat mengikuti pelatihan kepada semua pesert, berkompetisilah dengan fair dan semoga yang berkualitas dari  anda sekalian lolos dari seleksi. (Sha 5 W).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon