Jumat, 06 Maret 2009

TIPS Mempercepat Search Engine Mencari Kata Kunci

Para aktifis dunia maia tentu akrab dengan mesin pencari (search engine), dari provider Google, Yahoo!, dll. Dari pengamatan umum rasanya masih banyak aktifis yang belum mengetahui bagaimana mesin pencari bisa lebih optimal dan cepat mencari kata kunci.


Fasilitas yang disediakan mesin pencari sudah lumayan lengkap dengan memberikan pilihan katagori untuk memperkecil dan mempercepat data yang dicari.  Misalnya pada mesin pencari Google dan Yahoo!, anda dapat memilih katagori pencarian gambar, blog, web, grup, direktori, dsb  pada bagian atas tampilan menu utama.


Untuk melakukan aktifitas pencarian, ketika anda menuliskan beberapa kata kunci pada kotak mesin pencari maka anda akan menemukan berpuluh ribu, bahkan juta hasil pencarian mesin. Anda dihadapkan pada waktu untuk berselancar klak klik kluk situs-situs tersebut, kadang anda gemes juga karena pencarian tidak spesifik sesuai keinginan.  Untuk lebih fokus, optimal, dan cepat maka anda bisa lakukan beberapa langkah berikut ini:


Pergunakan tanda kutip buka tutup ("_") untuk mengapit kata kunci yang anda masukkan dalam mesin pencari, tanda ini akan membimbing mesin untuk membaca kata kunci tersebut sebagai sebuah frase. Untuk baiknya kita akan mencobanya dengan mesin pencari Google dibawah ini.


Misalnya, masukkan kata kunci [keperawanan murah meriah], Anda akan menemukan Results 1 - 10 of about 12,200 for keperawanan murah meriah. (0.26 seconds). Tetapi jika memasukkan kata kunci [keperawanan murah meriah] dengan tanda kutip diatas maka hasilnya sangat dahsyat, anda hanya disodori 10 situs saja dihalaman pertama. Bisa anda bandingkan 12.200 dengan 10???. Asyik kan, he he he


Kenapa kok bisa terjadi demikian?? pada pencarian yang pertama mesin pencari mengumpulkan situs-situs yang mengandung masing-masing kata. Sedangkan yang kedua dengan menggunakan tanda kutip buka dan kutip tutup ("_") membuat kata-kata tadi menjadi kesatuan frase, sehingga mesin pencari hanya mencari situs yang mengandung rangkaian kata kunci tersebut saja.


Terima kasih atas kesediaan anda membaca Tips ringan ini. (Sha 5 W).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon