Senin, 06 April 2009

Cara Mengetahui Blog NOFOLLOW atau DOFOLLOW

Google sebagai salah satu mesin pencari (search engine) besar telah menggunakan standar status tertentu untuk menilai popularitas dan kualitas sebuah blog yaitu Google Pagerank. Dalam rumus perhitungan pagerank salah satu unsur penilainnya dengan menghitung jumlah link yang masuk ke sebuah blog, tentu selain link internal (in bound link) dalam blog itu sendiri.


Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan link dari blog orang lain. Anda dapat melakukanya dengan cara saling bertukar link, atau bahkan anda bisa mendapat backlink dengan cara meninggalkan komentar di blog orang lain. Jauh lebih bagus manakala anda bisa memberi komentar, atau bertukar link dengan blog yang PR tinggi.


Eit….tapi anda yang belum tahu perlu untuk mengetahui dulu istilah Blog NOFOLLOW atau DOFOLLOW. Perlu diketahui bahwa tidak semua komentar anda akan dianggap sebagai backlink oleh Google. Backlink atas komentar anda hanya akan dihitung oleh google apabila memang blog tersebut dalam posisi diset DOFOLLOW. Apabila anda menggunakan blog gratis Blogger.com maupun Wordpress.com dan tidak di oprexx kode htmlnya, maka sudah pasti blog anda statusnya NOFOLLOW, karena ini adalah pengaturan bawaan (default).


Nggak binggung kan? OK, untuk mudahnya maka Blogger Senayan akan sajikan cara untuk membedakan blog yang diatur dalam status Dofollow atau Nofollow.


Umumnya pemillik blog DOFOLLOW akan memasang tanda: U COMMENT I FOLLOW. Selain cara itu maka anda juga bisa secara aktif untuk mengecek status DOFOLLOW atau NOFOLLOW tersebut dengan cara yang simple namun valid.


Agak ribet dikit tapi tidak menjadi apa karena akan membantu anda kemudian. Caranya, anda bisa menggunakan jendela browser Firefox, selanjutnya silahkan anda lakukan download dulu add-on NODOFOLLOW dari Mozilla disini, Setelah sukses dieksekusi maka anda lakukan restart browser Firefox anda.


Setelah anda sukses memasang add-on maka sekarang anda buka halaman comment salah satu blog yang mau anda dicek statusnya, klik kanan dan kasih tanda contreng pada tanda NoDoFollow. Ok anda sekarang bisa lihat hasilnya. Cukup mudah bukan? Tapi untuk lebih mantabnya pemahaman tentu anda bisa baca postingan saya seputar nofollow dan dofollow.


OK, thanks, demikian sajian Shalimow kali ini (Sha 5 w ).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon