Senin, 18 Mei 2009

Pohon Paling Tinggi Sedunia

sherman-tree-02Pohon yang menyandang status sebagai paling tinggi di dunia ini berasal dari jenis Giant Sequoia, yang memiliki ketinggian mencapai 85 meter. Umurnya diperkirakan antara 2200 hingga 2700 tahun. Pohon ini diberi nama "Jenderal Sherman", diperkirakan bukan hanya merupakan salah satu yang tertinggi , tapi juga merupakan jenis Sequoia yang terbesar dalam hal volume-nya. Di tahun 2002 pohon ini pernah terukur volumenya yang sebesar 1487 meter kubik.


Pohon Sherman ini berlokasi di Taman Nasional Sequoia di Visalia, California, dinamakan demikian karena diambil dari nama seorang veteran perang sipil Amerika Jendral William Tecumseh Sherman. James Wolverton seorang Letnan pada kavaleri Indiana ke-9 di bawah pimpinan Sherman menamakan pohon ini dengan nama bos-nya pada tahun 1879. Pohon ini sebenarnya sudah dianugerahi gelar sebagai yang terbesar sejak tahun 1931 dilihat dari faktor jumlah volume-nya


Apabila diukur dari dimensinya, maka pohon Sherman ini mengindikasikan menjadi semakin besar pada setiap tahunnya. Bila sherman-tree-01diameternya diukur pada ketinggian 1,4 meter di atas tanah menunjukkan 7,7 meter, sedangkan jika 18 meter di atas tanah menunjukkan diameter 5,3 meter, semakin ketas 55 meter di atas tanah adalah 4,3 meter, jadi bias dibayangkan pada ketinggian 55 meter mempunyai diameter sebesar bodi bis. Untuk urusan dahan pada ketinggian sekitar 40 meter adalah yang pertama.


Sampai saat ini pohon ini masih menjadi flora yang terbesar di muka bumi dan dalam kondisi masih hidup.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon