Minggu, 28 Juni 2009

Kesehatan Rambut dan Cara Mengetesnya

hair-beautyBagi anda yang sangat sibuk melakukan aktifitas ngeblog, rajin melakukan blogwalking, menyalurkan hobby menulis artikel, jungkir balik melakukan bisnis online, dls. Terhadang online menjadi begitu pentingnya, karena ada yang menjadikan sandaran utama ekonomi keluarga. Terkadang sampai-sampai beberapa diantara para blogger ada yang jarang mandi, jarang keramas,  ya? Hehehehe.  OK posting kali ini hanya mengigatkan tentang kesehatan rambut.


Salah satu cara yang cukup mudah untuk melakukan pengetesan tingkat kesehatan dari rambut anda adalah dengan menggunakan tepung terigu. Lho? Ini mau bikin donat apa ngetes rambut siiih? hehehe sabar dulu bos, non!!! Memang ada cara murah dan mudah untuk mengetahui tingkat kesehatan rambut anda, mau tahu? Baca terus….


Cara untuk melakukan pengujian dengan alat Bantu tepung terigu: Taruhlah satu gemgam tepung terigu di piring, kemudian ambilah satu helai rambut anda, masukkan ke dalam tepung, lalu angkat. Apabila tepung dengan mudah terlepas kembali atau berjatuhan dan tidak menempel, maka ini berarti rambut anda sehat. Tapi jika ada tepung yang terbawa atau menempel, maka ini menandakan di bagian rambut yang ditempeli tepung tersebut, bagian kutikula rambut telah mengalami kerusakan.


Memang pada masa sekarang sudah tersedia alat yang lebih canggih untuk mengetahui kualitas kesehatan rambut, misalnya Sonic Comb Scan, dari Pantene Pro-V. Alat ini bias mengetahui kondisi rambut dengan deteksi yang lebih akurat lagi, termasuk bagian mana yang rusak, dls. Sebagaimana diketahui bahwa rambut yang tidak sehat cirinya antara lain: bercabang, kering, kusam, mudah patah, dan susah pasti akan lebih susah diatur.


Lalu pertanyaan yang pasti muncul kemudian adalah “bagaimana mengatasinya?” Rudy Hadisuwarno, pakar tata rambut beken mengatakan: "Cukup diatasi dengan memakai kondisioner secara teratur setiap habis keramas". Beragan hasil penelitian memang menunjukkan bahwa kondisioner yang berkualitas bagus akan bisa melindungi rambut dari kerusakan, dan sekaligus mengembalikan kesehatan rambut rusak yang mungkin anda alami.


Lalu pertanyaan berikutnya yang muncul: “bagaimanakah kondisioner yang bagus itu?” ahli kulit kepala dan rambut dari Inggris: Marilyn Sherlock, mengatakan kondosioner yang berkualitas baik adalah kondisioner yang mengandung pelembab untuk menjaga kelenturan atau elastisitas rambut.


Disamping itu juga mengandung asam, sehingga dapat mencegah terangkatnya kutikula rambut oleh bahan kimia yang bersifat alkalin yang umumnya dikandung oleh sampo dan juga air ledeng. Yang lebih penting lahi adalah mengandung minyak dan pelindung sinar ultra violet (UV) dari matahari.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon