Rabu, 17 Juni 2009

Sepak Bola

lionel-messiBerkeringat setelah olahraga jogging, dilanjutkan dengan blogwalking maka aktifitas ngeblog pagi ini menghantarkan jemari saya yang “lentik tapi sebesar pisang” untuk menelisik search engine google. Berbekal sebuah keywordsepak bola” maka didapatkan sekitar 4,780,000 hasil telusur, wauw sebuah jumlah yang lumayan, dengan empat (4) penghuni papan atasnya: detiksport, sepakbola, beritabola dan youtube. Berbekal sebuah domain yang menunjuk nama orang: shalimow.com, maka sepakbola akhirnya dilahirkan sebagai salah satu katagori. Ibarat mengayuh becak dipadang pasir untuk dapat traffic bagus dan menembus halaman pertama search engine Google, semoga aja dua (2) bulan lagi sukses menembus belantara liar keyword: sepak bola. Hi…hi…the nightmare….sante aja kan ini bukan kontes SEO.


Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat popular, merakyat, dan digandrungi semua kelompok umur hampir diseluruh dunia. Bagaimana gegap-gempitanya dunia menyambut event pertandingan sepakbola seperti pila dunia, piala eropa, perebutan piala champions, dll. Ratusan juta pasang mata bahkan berada didepan televisi ketika ada pertandingan sepakbola yang penting.


Sepak bola pada masa kekinian seolah hadir sebagai “agama baru” yang dapat membius, memabukkan, memaniakkan sebagian penggemarnya. Pesona untuk berkesempatan menikmati ke-sexy-nya permainan sepakbola terkadang mampu menggeser kebiasaan, ibadah, dan pola hidup sebagian orang. Puluhan ribu orang: melupakan sholat Ashar, Magrib, melupakan waktu kebaktian hanya untuk menonton sepak bola di stadion, mengorbankan waktu tidurnya untuk menyaksikan siaran langsung, dst.


Sepak bola telah menjelma menjadi sebuah entertaint, bisnis, isu yang sangat menarik perhatian, bagaimana terbelalaknya dunia dengan berita transfer Ronaldo 1,3 Trilyun ke Real Madrid, dengan gaji yang mencapai 3 milyar sepekan. Pada sisi lain stasiun televisi bersaing ketat untuk mendapatkan sebuah hak siar, puluhan milyar mereka investasikan untuk mendapatkan hak ini. Belum lagi harga sebuah tiket pertandingan VVIP disebuah ivent besar yang bias mencapai 30 juta/ orang. Semua realitas sosial ini menunjukkan bahwa sepakbola memang telah menjadi anak peradaban.


Sepak Bola menjadi demikian melalui proses yang panjang, kalau kita simak sejarah perkembangan sepak bola dunia mulai kelahiranya sejak ratusan tahun Sebelum Masehi. Sampai pada sepak bola modern yang juga panjang sejarhnya, melahirkan beragam peraturan, melahirkan tim sepakbola atau klub-klub besar, melahirkan kompetisi-kompetisi yang elit, melahirkan pemain-pemain yang fenomenal. Mejadi keniscayaan bahwa sepakbola telah ditempa oleh waktu dan dimatangkan oleh sejarah dunia.


Sepak Bola telah tumbuh dan berkembang bagaikan pohon kehidupan yang melintas lebatnya hutan sejarah dunia. Pesat dan matangnya perkembangan sepak bola tidak lepas pula dengan lahirnya lembaga yang mengurusinya seperti FIFA (Federation Internatinale de Football Association) yang menjadi induk organisasi sepak bola Negara-negara didunia. Lahirnya lembaga ini disusul lembaga-lembaga regional yang mengorganisir beberapa Negara diwilayah masing-masing. Seperti AFC yang mengurusi Negara Asia, dan Indonesia tentu juga masuk menjadi anggotanya.


Sepak Bola yang fenomenal ini semoga mendorong lahirnya doa sebagian warga bumi ini untuk menyajikan sebuah petandingan dengan permainan yang cantik, menarik dan menghibur penonton. Demikian pula lembaga yang mengelolanya untuk semakin professional, terus melahirkan wasit sepak bola yang memimpin pertandingan dengan adil dan professional. Demikian juga para pemainnya, kesuksesan Ronaldo, Kaka, franks Ribery, semoga menjadi inspirasi positif untuk tumbuhnya persepakbolaan yang semakin berkualitas di tanah air.

Artikel Terkait

6 komentar

Oh my goodness! Impressive article dude! Thanks,
However I aam having difficulties with your
RSS. I don't know the reason why I cannot join it.

Is there anybody getting the same RSS issues? Anybody who knows the answer can you kindly respond?
Thanks!!

terimakasih bos

info yang bagus

semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon