Sabtu, 20 Juni 2009

Taktik Jitu Mendongkrak Alexa Traffic Rank

alexa-rank1Seperti telah dibahas sebelumnya bahwa selain Google page rank dengan rumus perhitungannya sendiri, maka seorang blogger akan lebih baik memahami pula Rangking Trafik Alexa. Alexa Traffic Rank adalah penyusunan tingkatan popularitas dari sebuah blog berdasarkan traffic pengunjungnya. Jadi merupakan kondisi riil dari jumlah pengunjung blog dan jumlah situs yang dibrowsing oleh user (pengunjung) tersebut. Perubahan trafiknya merupakan  perbandingan antara rating pada saat update dengan rating tiga bulan sebelumnya.
Setelah sekian waktu menyalurkan hobby ngeblog, melakukan olahraga online dengan blogwalking, maka selain aktifitas menulis content juga terus memantau pagerank dan Alexa rank. Semakin mengecilnya angka Alexa Rank dari blog anda maka hal ini merupakan tanda positif terdongkraknya rangking alexa blog tersebut. Beberapa catatan penting tentang bagaimana menjalankan taktik jitu mendongkrak Alexa rank menurut shalimow.com adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Trafik Pengunjung
Karena Alexa Rank indikatornya berdasarkan jumlah pengunjung blog, maka tidak ada pilihan lain untuk terus mempromosikan blog dengan intensif sehingga akan menarik pengunjung, dengan cara-cara yang lazim, seperti mengikuti mailing list, bertukar link, mendaftarakan ke blog directory, mendaftarkan pada komunitas blog, memasang iklan dan lain sebagainya.

2. Meningkatkan Kualitas Isi Blog
Untuk mendukung upaya meningkatkan pengunjung tidak ada pilihan lain kecuali anda telah mempersiapkan posting yang berkualitas yang menjadi andalan. Masing-masing blog mempunyai kekhususan katagori maka kemampuan anda untuk menyajikan hal yang fresh, unik, rasional, ilmiah, aplikatif, analitik, menjadi pilihan menarik bagi pengunjung. Tidak ada kata lain bahwa isi blog merupakan darah bagi performa sebuah blog.

3. Memperkuat Backlink Blog
Hal yang juga mempengaruhi pagerank selain Alexa rank, karena keduanya menggangap bahwa popularitas halaman dan atau sebuah blog tergantung pada banyaknya link yang menuju halaman dan atau blog tersebut. Mengidentifikasi blog doffolow adalah hal yang rasional untuk menunpuk backlink sambil melakukan blogwalking.

Selain isi dalam pengertian tulisan dan gambar maka hal lain yang menentukan adalah bagaimana anda bisa mengelola link internal blog atau biasa dikenal dengan inbound link, sehingga struktur link kokoh seperti pyramid. Selain itu untuk memperhatikan keyword dari postingan tersebut.


Selain taktik diatas maka usaha anda juga harus dilengkapi dengan upaya teknis lainya sebagai berikut:



1. Mengunakan Alexa Toolbar
Dengan menggunakan Alexa toolbar dalam operasional ngeblog anda maka pencarian kita secara otomatis akan langsung terindeks oleh mesin pencari alexa. Masing-masing operator search engine tentunya akn memberikan nilai lebih pada usernya, sehingga korelasinya dengan rank sangat logis.

2. Memasang Alexa Widget
Memasang Alexa site stat widget di blog akan mengantarkan data pengunjung (sebagai ping) ke server Alexa sehingga dengan cepat mempengaruhi statistik Alexa menjadi lebih up to date.

Selain dua hal tersebut, dibeberapa forum diskusi juga menyarankan menggunakan dua cara lagi yaitu:



3. Melakukan refresh
Melakukan refresh halaman yang intesitasnya rapat, kalau perlu dilakukan setiap menit sekali.

4. Mebuka situs proxy online
Kedua cara memang belum teruji secara empiris maupun praksis, namun beberapa blogger punya pengakuan dan pengalaman cara ini bisa mendongkrak peringkat alexa, kalau anda berminat mencoba kami persilahkan.

Thanks untuk kesediaanya membaca...he..he

Artikel Terkait

1 komentar so far

Mantab, moga dengan tips diatas bisa makin kecil mbak alexa


EmoticonEmoticon