Sabtu, 25 Juli 2009

Google Reader, Memfasilitasi Membaca Blog

google-readerGoogle Reader adalah sebuah fasilitas yang berupa program untuk membaca really simple syndication (RSS). Apabila anda  yang hobby untuk ngeblog atau biasa disebut blogger maka sudah memjadi keniscayaan untuk memanfaatkan fasilitas ini.
Beberapa keuntungan yang didapatkan apabila menggunakan Google Reader dalam aktivitas ngeblog antara lain:


  • Praktis dan efisien, hal ini dikarenakan anda sudah tidak membutuhkan lagi banyak waktu untuk mengunjungi situs satu per satu blog yang mau dibaca. Namun anda hanya cukup membuka satu jendela browser saja, namun anda sudah bisa memantau postingan dari ratusan blog.

  • Hemat “energi”, karena waktu koneksi bisa dilakukan lebih cepat, hal ini karena hanya teks dan foto saja yang diakses. Sedangkan untuk beberapa fitur lain sereti iklan, dan komentar tidak ikut masuk RSS.  Karenanya maka  proses loading lebih cepat, anda tidak berlama didepan computer, pasti lebih hemat kan!


  • Bila anda menginginkan untuk menggunakan fasilitas Google Reader ini maka ikuti panduan berikut ini:


  • Untuk menggunakan fasilitas Google Reader ini maka anda harus punya account Google dulu, selanjutnya silahkan anda masuk homepage Google Reader, atau klik di sini.. Jika belum punya homepage  maka  klik 'create an account', lantas ikuti tahapan dan kelengkapan administrasi lainnya.


  • Kembali ke homepage Google Reader, maka selanjutnya anda dipersilahkan untuk memasukkan email dan pasword dan pada saat login. Silahkan 'Add subcribtion' di sidebar anda untuk keperluan membuat list blog yang favorit yang biasa anda  kunjungi, atau mungkin blog dari teman-teman yang ada diblog anda.


  • Silahkan anda untuk Klik 'setting' (tempatnya di bagian atas homepage Google Reader). Trus klik 'Folder and Task'. Jika ada tulisan 'private', selanjutnya anda klik logo di samping agar berubah menjadi 'public'.


  • Apabila anda menginginkan memasang pada sebuah blog maka silahkan klik 'add a clip to your site'. Beberapa saat kemudian akan muncul windows baru berisi kode HTML, anda dapat setting pilihan warna dan jumlah item postingan terbaru. Mudah aja selanjutnya anda tinggal kopi paste kodenya saja.


Demikian sajian Blogger Senayan kali ini, Terima kasih (Sha 5 w).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon