Jumat, 14 Agustus 2009

Cara Mengubah Teks Jadi Suara

headphoneDari hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa daya serap manusia terhadap sebuah informasi menunjukkan ketidaksamaan tingkatannya, salah satu yang menyebabkan demikian adalah pilihan jenis media yang digunakan. Jenis media komunikasi audio visual ternyata yang paling tinggi, audio, dan selanjutnya berupa teks . Kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis tentu ada, untuk mengatasi salah satu kelemahan tersebut, berikut sajian tentang cara mengubah teks menjadi audio. Semoga bermanfaat!
Penerapan cara ini menggunakan fasilitas dari situs yang khusus untuk mengubah teks menjadi suara. Prosesnya sederhana saja,  anda dapat melakukan konversi material dalam bentuk teks menjadi material audio.  Hasilnya diharapkan akan memudahkan urusan anda, karena anda tinggal memutarnya sambil santai, atau ketika dalam perjalanan, pakai headphone mendengarkan suara proposal kegiatan, dll.

Ok kita langsung bhas tekhnisnya, untuk melakukanya dibutuhkan tiga tahapan menggunakan layanan dari Read The Words ini.





  1. Silahkan anda masukkan bahan dalam bentuk teks yang akan dikonversikan, prosesnya  bisa melaluibeberapa pilihan antara lain upload file Microsoft Word, Adobe PDF, HTML, atau copy paste teks, memasukkan alamat situs, hingga RSS feed.


  2. Selanjutnya silahkan anda memilih reader-nya atau jenis pembaca. Disediakan sebanyak  15 pilihan dengan bahasa yang bias dipilih yaitu Inggris, Spanyol, dan Prancis. Untuk kecepatan reader bisa ditentukan, dibutuh waktu sekitar 1 menit saja untuk mengkonversi teks menjadi audio dengan durasi lebih dari 1 jam.


  3. Selanjutnya  anda bisa mendengarkan hasilnya dengan memindahkan si mp3 ke pemutar musik. Hasil bahan audio bacaan tersebut juga bisa diposting ke situs atau blog yang anda miliki atau mengubahnya menjadi podcast, tentu anda harus menguasai ketrampilan yang satu ini dulu.


Apabila anda berminat menggunakan fasilitas ini, atau hanya sekedar mencobanya silakan kunjungi di Read The Words.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon