Sabtu, 01 Agustus 2009

Data di Komputer Tak Akan Terhapuskan

ComputerAnda pernah mendengar berita tentang testimoni seorang korban yang berlinangan air mata karena ADEGAN HOT -nya tersebar di internet, padahal dia tidak pernah memberikan akses pada siapapun.....dst. Salah satu penyebab kejadian demikian adalah anggapan bahwa file di komputer yang sudah di delete adalah benar-benar musnah ke neraka jahanam. Tapi kenyataannya?? Edit


Salah seorang ahli peretas identitas fi dunyya maiyya dari Universitas Cambridge; profesor Ross Anderson mengatakan bahwa hanya dengan cara menghancurkan hard drive dengan palu besi adalah satu-satunya yang bisa melindungi data rahasia anda.


Apabila anda mempunyai informasi yang rahasia, sensitif dalam hard drive, maka jangan pernah anda membiarkan difungsikan ulang dengan menjualnya, memberikan kepada orang lain, dll. Saran profesor ini juga diperkuat oleh hasil investigasi Majalah Which? (satu majalah konsumen di Inggris), bahwa suatu pihak telah mampu membuka akses data dengan kapasitas 22 ribu file dari komputer bekas yang dijual di toko online  eBay.


Untuk menghilangkan data yang tidak akan dipakai dalam komputer tidak cukup dengan menekan tombol “delete”, lalu menghapusnya di “recycle bin”. Karena kemampuan program terkini ternyata masih tetap bisa menelusuri data-data yang dihapus tersebut. Data tersebut dengan mudahnya dipanggil kembali dan masih segar bugar, hehehe.


Di dunia maiyya belum pernah ada yang secara terbuka menawarkan program ini, yang saya temukan hanya memanggil kembali data yang sudah didelete dari flash disk. Anda bisa mencobanya sendiri berselancar untuk menemukannya.


Terima kasih, semoga bermanfaat (Sha 5 W).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon