Sabtu, 22 Agustus 2009

Jam Atom Mengukur Waktu Paling Akurat Sedunia

Sebuah produk jam terbaru yang dinamakan jam atom dikabarkan mempunyai tingkat keakuratan dua kali lebih jika dibandingkan dengan produk jam pada umumnya. Jam ini dipergunakan untuk mengatur zona waktu internasional dan sistem satelit.



Para penciptanya menjamin bahwa kemungkinan keterlambatan yang terjadi pada jam ini hanya satu detik dalam kurun waktu 300 juta tahun. Spesifikasinya hampir sama dengan jam jenis atom stratium seperti yang pernah dikenalkan oleh University of Colorado. Namun kelebihan dari jam atom terbaru ini adalah mempunyai kemampuan memanfaatkan kekuatan alam, memiliki ketepatan waktu yang konsisten serta terdapat getaran atom setiap detik berjalan.

Seperti diketahui bahwa dalam atom terdapat bagian inti dan beberapa elektron yang berputar mengelilinggi orbit di sekitar inti atom.  ujar Professor Jan Thomsen, peneliti sekaligus ahli fisika bidang nuklir di University of Copenhagen Dengan menggunakan cahaya laser untuk menggerakkan elektron berayun di antara dua orbit, maka hal inilah yang mengakibatkan efek pendulum pada jam atom.

Kita sebagai masyarakat awam dalam hal ini hanya bisa menunggu para ahli untuk mengembangkan perangkat ini lebih jauh lagi, dan selanjutnya bisa bisa dimanfaatkan untuk produksi masal dan dipergunakan khalayak ramai (Sha 5 W).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon