Kamis, 27 Agustus 2009

Menikmati Sego Abang Gunung Kidul

warung sego abang gunung kidulSalah satu sumber kenikmatan yang saya dapatkan ketika melakukan sebuah perjalanan dinas ke antero nusantara, adalah wisata kulinernya. Lebih menantang lagi apabila hal tersebut merupakan menu yang seumur-umur hidup belum pernah aku nikmati. Menceritakan pengalaman menikmati kuliner ini dengan menuliskannya pada Shalimow.com adalah salah satu obsesiku. Paparan kali ini mengenai sego abang (nasi merah) makanan khas Gunung Kidul, Yogyakarta.



Saya sempat diceritai salah satu teman di YK bahwa salah satu tempat paling dahsyat menyediakan sego abang adalah Warung Makan Sego Abang Jirak yang terletak di samping Jembatan Jirak, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Namun, karena belum ada waktu dan kesempatan nyamperin warung itu maka harus ngelirik yang ada dulu, heheeh.

Saya hanya sempat mencoba warung lombok ijo sego abang yang terletak di jalan Pakem-Turi Km 15, Pakem Sleman Yogyakarta. Kebetulan kami memilih tempat yang bisa lesehan untuk menikmati menu sego abang ini.

Sego abang atau nasi merah dikenal sebagai hasil ladang tadah hujan (gogo) atau disebut padi tadah hujan yang mampu tumbuh di  Gunung Kidul. petani penanam padi tadah hujan jenis gogo, mendel, atau segreng menghasilkan padi berwarna merah. Pada saat sekarang beras merah sudah beredar disupermarket.

sego abang gunung kidul yogyakartaNasi merah dikenal lebih kaya kandungan protein dan karbohidratnya dibandingkan nasi putih. Beberapa produk bubur bayi sudah mengusung keunggulan akan nasi merah ini sebagai brand produknya.

Sayur lombok ”ijo”

Kenikmatan makan sego abang memang semakn lengkap manakala di dampingi dengan sayur lombok ijo. Sayur lombok ijo dengan kuah santannya memang nampak mengoda, dibuat dari potongan cabai hijau yang campur dengan tumisan tempe. Kuah santan diracik dengan  bumbu; bawang merah, bawang putih, jahe, dan kemiri.

Selain sayur lombok ijo, menu laukknya juga berupa daging sapi goreng, babat goreng, ikan wader goreng, dan urap trancam, bahkan ayam goreng. Tergantung anda mana yang dipilih dan membangkitkan nafsu makan.

teh poci gula batuSetelah menikmati sajian sego abang dan sayur lombok ijo terus terang saya merasa  ketagihan. Kerinduan akan makanan ini semoga akan terobati ditempat lain yang lebih yahuud. Makanan tradisional juga sangat menggairahkan untuk dinikmati. Lebih mantab lagi saat diakhiri dengan teh poci gula batu...wowowowowoo

Met mencoba bagi yang belum pernah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon