Selasa, 01 September 2009

Blog Pertama di Dunia dan Akherat

blog pertama diduniaPara pegiat fii dunya maiyya mungkin “sangat tidak asing sekali” dengan web/ blog,  hal ini bisa dimaklumi karena blog merupakan piranti utama online. Tapi tahukah anda apa nama domain blog yang pertama kali ada di dunya bahkan sampai akherat nanti? hehehehehhe. Selain hal tersebut ada pembelajaran penting oleh pemiliknya terhadap dunyya untuk tidak selalu mempatenkan temuan spektakulernya.
Salah seorang kontraktor bebas di CERN (1980), bernama Berners-Lee mengajukan usulan proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan dibantu Robert Cailliau akhirnya bisa terciptak sistem prototipe bernama Enquire.

Setelah bekerja pada perusahaan baru  John Poole’s Image Computer Systems Ltd, (1984) dia menggunakan ide yang mirip untuk menciptakan World Wide Web, dia mendesain dan membangun sebuah browser yang pertama bernama WorldWideWeb dengan server web pertama yang bernama httpd.

Blog pertama yang dibuat Berners-Lee beralamat di http://info.cern.ch/ online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991. Dan inilah blog pertama kalinya fii dunnya wal akhirah tersebut.

Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology. Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkan sehingga bisa diakses secara bebas. Dan hal ini adalah kemuliaan online dan offline yang layak dikenang sepanjang masa.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon