Rabu, 30 September 2009

Jumlah Korban Jiwa Gempa Bumi Sumatra Barat

gempa bumi sumatra baratDari berita yang ditayangkan beberapa televisi swasta nasional (TV One dan Metro) dikatakan bahwa jumlah korban jiwa akibat bencana alam gempa bumi di Sumatra barat diperkirakan mencapai puluhan jiwa. Sampai malam sekitar pukul 19.00 menurut laporan Pemda Sumbar kepada pemerintah pusat, jumlah korban yang sudah teridentifikasi mencapai 75 orang.


Metro TV pada berita pagi (06.00 WIB) memperkirakan jumlah jiwa mencapai sekitar 200 jiwa. Beberapa korban mencoba dievakuasi oleh masyarakat dengan peralatan seadanya. Karena listrik dan turun hujan padam maka proses evakuasi  sedikit mengalami kesulitan. Diperkirakan masih puluhan orang yang terjebak dalam reruntuhan akibat gempa.


Beberapa bangunan bertingkat seperti ruko dan rumah warga runtuh, demikian pula bangunan yang sudah berumur. Diperkirakan jumlah rumah yang mengalami kerusakan parah mencapai 400 buah lebih.



Gempa juga mengakibatkan kerusakan fasilitas infrastruktur lainnya seperti jalan darat menuju Kota Padang melalui Bukit Tinggi yang mengalami longsor dan putus tepatnya terjadi di wilayah Padang Panjang.  Ratusan kendaraan terjebak, untuk menuju padang dari arah bukit tinggi maka satu-satunya pilihan adalah berputar melalui Solok.

Selain di Bukit panjang, akses jalan darat yang menghubungkan Sumbar dengan Bengkulu dibeberapa titik  juga dikabarkan terputus. Sementara itu akibat kerusakan fasilitas bandara maka Gubernur Sumbar memerintahkan  untuk menutup sementara Bandar Udara Internasional Minangkabau.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon