Kamis, 10 September 2009

Nama Anak Yang Bagus Dan Populer

nama anak yang bagusKetika membahas tentang ”nama” maka sering sekali paparannya mengutip ungkapan seorang pujangga, William Shakespeare  “Apalah arti sebuah nama”. Hal ini terjadi bisa jadi sebuah dukungan akan nihilnya pengaruh sebuah nama pada benda yang ditunjuk (kepribadian seseorang). Hadirnya sebuah nama memang terkait dengan paradigma, citra diri, komunikasi, doa, stigma, mitos, dls. Bagaimana perjalanan peradaban dunia ini dalam memberikan nama pada mahluk yang bernama manusia???



Nama dikenal sejak eksistensi manusia pertama ada dimuka bumi,  yaitu Adam A.S, seperti firman Allah SWT: ” Wa’allama Aadamal asmaa kullaha..”, bahwa Allah SWT telah mengajarkan kepada Adam setiap kata dan nama nama dari segala sesuatu yang ada di muka bumi ini baik yang abstrak maupun yang real.

Nama memang merupakan sebuah identitas bagi seseorang atau sesuatu benda, secara fungsional akan bermanfaat dan mempermudah untuk melakukan aktifitas komunikasi. Kita bisa membayangkan andai saja saja manusia tidak mempunyai nama maka betapa susahnya untuk memanggil, menunjuk, dst.  Untuk benda atau barang nama juga terkait dengan sebutan, merk, brand image, dst. Anda pasti tak asing lagi mendengar kata google, honda, shalimow (ehhh...belum terkenal).

Dalam ajaran Islam sebagaimana hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh  Wahb Al Khats’ami: ” Pakailah nama nabi-nabi, dan nama yang amat disukai Allah SWT yaitu Abdullah dan Abdurrahman, sedangkan nama yang paling manis yaitu Harits dan Hammam, dan nama yang sangat jelek yaitu Harb dan Murrah” ( HR.Abu Daud An Nasa’i)

Nama dalam keseharian merupakan tanda pengenal yang mempunyai peranan penting, selain sebagai doa juga sebagai tanda pengenal di akhirat kelak, sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW: ” Sesungguhnya kalian pada hari kiamat akan dipanggil dengan nama nama kalian dan nama nama bapak bapak kalian, maka baguskanlah nama namamu “. (HR Muslim).

Membahas tentang nama maka saya langsung teringat adik kandung saya: Yuhanafi Alfi S, salah seorang temannya waktu SD mempunyai nama yang sangat tenar, unik, agak panjang, namun maknanya dalam. Heheheh namanya adalah DAMRI, siapapun yang mendengarnya pasti bergumam: “lho nama orang kok sama kaya nama bis PPD”. Namun ketahuilah itu adalah sebuah singkatan.

Orang tuanya menamai anaknya dengan DAMRI namun di akte kelahirannya kepanjangannya begitu indah : Dawud Abdul Malik Ridho Illahi, wow dahsyat kan, Damri kamu sekarang dimana? Heheheh.

Artikel Terkait

1 komentar so far

Damri (Dawud Abdul Malik Ridho Illahi) delete 5 Desember 2013 11.59

ada sini bro,saya Damri bro


EmoticonEmoticon