Senin, 28 September 2009

Refleksi Diri Terhadap Aktifitas Bisnis Online

busines online marketivaDunya Maiyya (on line) memang sebuah dunia baru sebagai produk dari buah fikiran manusia. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ditemukan oleh manusia juga merupakan anugrah dari Tuhan untuk semakin menyempurnakan kehidupan manusia dimuka bumi. Lahirnya dunya baru (on line) seakan menjanjikan sebagai dunia baru bagi manusia untuk melakukan aktifitas sosial, bisnis, dll. Posting ini merupakan refleksi ringan perjalanan saya dalam bisnis online, harapannya adalah adanya kesadaran diri akan posisi, peran, fungsi yang akan bisa dioptimalkan pada bisnis online pada waktu mendatang.


Rasanya belum begitu lama dunia maiyya hadir dan berakrab ria serta menjadi bagian dari kehidupan keseharianku. Merelakan diri sebagai pegiat online rasanya baru 3-4 tahun yang lalu, kebetulan salah seorang teman kuliah di Pasca adalah “pejuang online” yang lagi mabuk untuk bisa menguasai, berakrobat dalam dunia baru ini.


Kesediaan dia untuk berjam-jam setiap hari berselencar fii dunya maiyaa, merogoh kocek sampai berjuta-juta untuk membeli ebook, plugin, program, dll menjadikan saya penasaran akan visi teman yang satu ini. Kami lagi kuliah ambil jurusan Sosiologi tapi kenapa belanja buku teman ini justru mayoritas tentang online. Alih-alih kalau salah jalan saya bisa bantu meluruskan dan mengajak ke jalan yang benar maka aktifitas teman yang nyeleneh ini kadang saya temani.


Dari aktifitas demikian akhirnya saya mengenal betapa lebar, panjang, dan luasnya dunia online terbentang, potensinya tak kalah dengan dunia fana yang selama ini telah kita nikmati. Hari demi hari akhirnya saya semakin akrab dengan beberapa jenis bisnis online, baik yang menggunakan blog maupun tidak. Sayapun mulai belajar membuat blog, mendaftarkan ke adsense google, membuka account e-gold, dll.


Karena nafsu bisnis online yang meledak-ledak dan memuncak, maka memaksa kami untuk orgasme dan menjeburkan diri dalam bisnis. Dengan keterbatasan pengetahuan, pengalaman, dan strategi maka membawa kami untuk menekuni jenis bisnis: “Investasi Online”. Seperti diketahui pada periode 2005-2006 Swisscash menjadi primadona untuk berinvestasi, dengan track recordnya yang teruji selama 2 tahun tidak mengalami scam. Beberapa jenis ivestasi yang lainpun sempat saya jelajahi meskipun dengan investasi yang tidak begitu besar.


Selain melakukan bisnis tersebut saya juga mulai menjelajah untuk bisa mahir bermain di saham online, Marketiva. Rasanya asyik dan enjoy saya menjalankan beberapa aktifitas bisnis ini sehingga aktifitas untuk memelototi panel pergerakan harga mata uang dunia menjadi aktifitas rutin dan akrab. Marketiva menantang kemampuan diri untuk belajar keras memahami perkembangan bisnis dunia, trend pergerakan perdagangan mata uang dunia, dll. Tidak bisa ditolak bisnis ini membutuhkan kapasitas tertentu dan keseriusan untuk menuju kesuksesan.


Setelah menempuh proses belajar dikedua bisnis online ini akhirnya mendorong diri untuk segera mengoptimalkan bisnis online yang berbasis pada blog. Akhirnya belajar, biaya dan waktu serta kerja keras harus menyertai niatan untuk menekuni bisnis ini. Dan banyak sekali pilihan bisnis yang bisa diakses dengan mengelola blog. Semua tergantung pada keseriusan dan kerja keras kita.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon