Selasa, 08 September 2009

Sandals Jepit dan Problematikanya

sandalsSandal jepit, benda dari karet yang akrab dengan kaki, selain menmeberikan “kenyamanan” bagi pemakainya, penggunaan sandal jepit juga mengandung makna filosofis tertentu. Salah satu makna pentingnya adalah symbols kebebasan, santai yang teramat sangat, bahkan pemberontakkan terhadap kemapanan. He..he… Eh tapi perlu diketahui pendapat spesialis kesehatan kaki yang menyatakan bahwa Jika dipakai terlalu lama dan sering maka bisa menyebabkan cedera dan masalah kaki dalam waktu jangka panjang.


Beberapa kondisi kurang baik yang disebabkan oleh penggunaan sandal jepit bisa dideteksi dari beberapa sinyal dini yang muncul, antara lain:



Menyebabkan Jari bengkok (hammertoe)
Otot-otot sekitar jari kaki erkontraksi kuat karena mencengkeram karet sandal agar tetap pada tempatnya.

Melepuh Permukaan kulit
Hal ini disebabkan oleh iritasi di tempat tali karet menggesek di antara dua jari kaki, biasanya akan terasa perih, bahkan luka.
Mempertimbangkan dari banyak aspek, mulai bahan, desain, dll maka pada sandal jepit terdapat beberapa kekurangan antara lain:
Tidak ada jaminan perlindungan.
Risiko jari kaki mengalami luka atau patah karena menabrak kaki meja, terkena benda tajam, dan terbakar panas sinar matahari. Tentu para penggemar sandal ini sudah sering mengalami hal ini.

Kurang memiliki lengkungan pendukung.
Menyebabkan nyeri tumit karena tidak ada bentuk tertentu yang mewadahi tumit, desain umumnya permukaannya rata.
Desainnya tidak memiliki pendukung pada pergelangan kaki atau daya tarik.
Hal ini menyebabkan mudah terpeleset, keseleo, bahkan patah kaki.

sandals jepitWah kebebasan anda akan terancam kalau kita patuhi nasehat ini, heheheh. Untuk sedikit mengatasinya silahkan anda untuk menghindari penggunaan sandal jepit pada momen:
-Melintasi permukaan lantai yang licin, rawan jatuh.
-Mengemudi, bisa tergelincir injakan gas atau rem,
-Berlari, kemungkinan keseleo, patah, dll
-Berjalan jauh, kemungkinan akan mengalami lecet-lecet

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon