Minggu, 25 Oktober 2009

Memahami Tentang Keyword Density Pada Blog

quality-backlink-linkbuildindKeyword Density dapat difahami sebagai kepadatan atau jumlah keyword yang dimasukkan didalam content sebuah blog, atau tingkat kerapatan keyword yang dijadikan indikator bagi pengelolaan sebuah blog. Kondisinya hampir sama dengan Keyword Stuffing. Umumnya para blogger mengenal istilah Keyword Density ini pada saat melakukan Riset Keyword saja.



Keyword adalah saah satu variable blog yang penting dalam proses search engine Optimization dan sehingga sangat manfaat bila para blogger memahaminya. Salah satu pemahan tentang keyword adalah tentang keyword density. Kesalahan dalam mengelola  keyword, maka bisa berakibat fatal pada blog anda karena dianggap sebagai spam.
Semakin banyak pengulangan yang terjadi nilai keyword density akan lebih tinggi, tetapi patut diingat bahwa penggunaan keyword juga tidak boleh berlebihan, harus tetap alami berkecukupan dengan isi web tersebut dan pada posisi yang penting dalam struktur webnya. Jika terdapat pengulangan yang berlebihan, contoh ekstrimnya adalah terdapat keyword pada setiap kalimat, bisa jadi akan dianggap sebagai artificial site atau spam site.
Keyword density karena merupakan prosentase-nya terhadap jumlah keseluruhan kata pada suatu website, secara sederhana dapat dinyatakan sebagai berikut:

Jumlah.pengulangan.keyword) / (jumlah.keseluruhan.kata).


Contohnya  bila suatu web mempunyai 200 kata – tidak termasuk kode HTML – dan menggunakan lima pengulangan keyword di dalam materi web tersebut. Maka keyword density web tersebut = 5/200=0.025 atau sama dengan 2,5%.


Standar dari keyword density yang umum diterima oleh sebuah search engine adalah berkisar antara 3% – 5%, keyword density yang melebihi batasan tersebut mempunyai kemungkinan diklaim sebagai spam.


Aturan tersebut bukan hanya berlaku pada satu keyword saja tetapi juga berlaku pada sekumpulan dari keyword yang berhubungan dengan produk atau service lainnya, keyword density harus selalu berada pada nilai antara 3% – 5%.


Untuk melakukan pengecekan keyword density maka Langkah sederhana untuk menge-cek keyword density :




  • Copy & Paste materi website ke dalam program pengolah-kata seperti Word biasa

  • Selnajutnya pada menu ‘Edit’ klik ‘Select All’. Kemudian ke menu ‘Tools’  dan pilih ‘Word Count’ untuk menampilkan jumlah seluruh kata.

  • Kemudian lakukan ‘Find-Replace’ kata-kata keyword untuk mengetahui jumlah keyword yang terdapat dalam materi.

  • Hitunglah prosentase jumlah keyword dengan total kata yang ada.

  • Lakukan modifikasi seperlunya. Selesai.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon