Minggu, 01 November 2009

Cara Analisis Keyword Dengan Google Trends

google-trendsSEO (Search Engine Optimization) adalah panser perang bagi seorang blogger, karenanya dibutuhkan segenab pemahaman dan ketrampilan untuk menguasainya. Grojokan Dollar akan datang manakala ilmu “gaib” ini bisa dikuasai oleh seorang blogger, sehingga dirinya akan menjadi pendekar fii dunyya maiyya.


SEO merupakan rangkaian proses yang sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik/ pengunjung blog yang dating dari mesin pencari, dengan jalan memanfaatkan mekanisme kerja algoritma dari mesin pencari tersebut. Jadi tidak ada lain tujuan SEO adalah menjadikan blog anda berpeluang besar untuk menduduki halaman terdepan dan teratas dari search engine, kemudian blog anda akan dikunjungi lebih banyak lagi pengguna search engine.


Algoritma search engine memang rumit dan membutuhkan keahlian yang tinggi, kenyataanya memang masih ada faktor dan syarat yang tidak teridentifikasi sehingga SEO masih menjadi misteri. Dari berbagai pengalaman para blogger sepuh maka beberapa langkah bisa dilakukan, minimal sebagai ikhtiar untuk meraih peringkat yang lebih baik di search engine. Hal yang penting antara lain:





  • Nama domain yang bagus

  • Hosting yang stabil dan uptime > 99%

  • Keyword Terpilih


Keyword merupakan salah satu factor penting dalam SEO, untuk itu posting ini lebih focus pada tema bagaimana melakukan analisis keyword dengan google trends. Keyword  yang tepat dan terpilih pada blog anda maka akan memungkinkan mudah muncul dihalaman pertama search engine. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kita memilih keyword yang tepat sehingga bisa menjadi stimulan dan pancing untuk menggaet pengguna search engine???


OK, biar fokus maka misalkan Google search engine yang menjadi target anda. Untuk bisa berakrobat ria dalam berburu dan menganalisi keyword untuk google maka pilihannya adalah menggunakan layanan yang disiapkan google yaitu Google Trends.


Google Trends memang belum nge-trend seperti nama yang disandangnya. Layanan ini masih kalah popular dengan fasilitas yang lainyaitu Google Analytics (waktu lain coba kita bahas). Menurut saya sebenarnya untuk melakukan Analisis Keyword lebih tepat menggunakan Google Trends dari pada menggunakan Google Analytics, karena hasilnya merupakan tren keyword ala search engine google.


Dengan menggunakan Google Trends maka anda bisa melihat tingkat pencarian keyword yang diinginkan berdasarkan sebaran Negara. Hasilnya tentu berupa peta sebaran pengguna search engine google berdasarkan Negara.


Misalnya apabila anda ingin memaksimalkan keyword orgasm , dengan Google Trends kita bisa mengetahui Negara mana yang penguna search enginenya lebih sering mencari keyword orgasm. Hasilnya kita bisa menembak keyword untuk persiapan blog dengan target market yang tepat, misalnya harus menempatkan server dimana, nama domain apa, pakai bahasa apa, dll. OK demikian paparan singkat ini semoga ada manfaatnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon