Kamis, 12 November 2009

Kajur Sinam Kera Ngalam, Ueeeeenake Ker

rujak manis malang (kajur sinam)Kajur Sinam (rujak manis) adalah salah satu menu makanan favorit bagi sebagian orang, karena selain kenikmatan juga pesona manfaatnya. Menikmati 7-13 jenis buah dalam satu sajian tentunya mampu membangkitkan birahi siapapun, apalagi dipadu dengan sambal kacang dengan gula merah, ueeeeenake ker, heheh.


 


Bagi para maniac Kajur Sinam tentu mempunyai beragam pilihan untuk menentukan tempat favorit untuk bisa menikmatinya. Dimanapun tempatnya tidak terlalu berbeda komposisi sajiannya, yang dominant tentu buah-buahan. Namun yang agak beragam rasanya adalah bumbu yang menyertainya.


Dikota Malang, Jawa timur ada beberapa tempat yang favorit, …namun saya nggak akan menyebutnya, nanti dikira promosi gratis hhehe. (bisa kontak saya aja ya). Sajian belasan buah segar dipadu dengan bumbu kacang, pedas, dengan aroma bawang goring yang wooow, maka lengkaplah sudah untuk mengundang birahi untuk memakannya.


Seperti diketahui didalam buah-buahan mengandung beragam vitamin, vitamin ini bisa larut dalam air sehingga kelebihan volume saat dikonsumsi maka akan dibuang melalui urine. Salah satu vitamin yang ada dalam sajian kajur manis( buah-buahan) adalah vitamin C. Pada buah yang mengandung vitamin C tidak selalu berwarna kekuningan, misalnya jambu biji dengan kandungan vitamin C paling tinggi, berwarna merah. 


Untuk kuliner yang satu ini pilihan buahnya bisa beragam, tergantung selera, kalau beli ya tentu tergantung penjualnnya. Umumnya adalah mangga mengkal, ketela rambat, ungu, nanas, bengkuang, melon, semangka, mentimun, papaya mengkal, apel, sawo mangkal, dll.


Dengan bahan dasar gula merah, asam jawa, sedikit garam, cabai rawit, dan air matang dan racikan tersebut di masukkan menjadi satu dalam satu wadah (cobek) lalu dihaluskan. Beberapa pedagang sudah menghaluskan bumbu ini dan memasukkanya dalam wadah sehingga praktis saat penyajian. Sepengetahuan saya proses penghalusannya bumbu ini masih menggunakan manual karena aroma yang dihasilkan akan beda apabila dengan proses lainnya.


Beberapa pilihan rasa seperti pedas, asam, manis akan kembali pada kebutuhan lidah masing-masing, atau tergantung pembuatnnya. Bumbu rujak apabila kurang pedas, ya diambahkan cabai lagi. Kurang manis? dimasukkan gula Jawa lagi. Terlalu kental? Encerkan saja dengan menambahkan air. Bereskan, Ok met menikmati kajur sinam ditempat masing-masing.


 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon