Sabtu, 12 Desember 2009

Belajar SEO Off Page Blog

seo off pageSEO (Search Engine Optimization) Off Page menjadi menu belajar yang menarik karena saling melengkapi setelah mencoba memahami tentang SEO On Page Blog. Untuk pengertian dari SEO Off Page Blog adalah totalitas upaya yang dilakukan (optimasi) dari luar halaman blog anda agar mempunyai pengaruh pada halaman blog anda, yaitu mampu mendapat  posisi yang terhormat dihalaman depan search engine.  SEO Off Page adalah  vital dalam percaturan SEO, dan ini yang sering menjadi lahan SEO para blogger yang bertarung dalam kontes-kontesan blog.


Vitalitas SEO Off Page memang tidak terbantahkan, mengapa demikian? tidak lain dan tidak bukan karena SEO Off Page adalah alat usaha dan ikhtiar untuk mendongkrak popularitas blog (pagerank blog dari google). Seperti diketahui bahwa google PageRank blog adalah amunisi utama untuk bisa nangkring diposisi depan di search engine, meskipun hal tersebut juga tergantung pula pada keyword.


Fokus dari SEO Off Page adalah optimasi kinerja blog dengan memperkuat konstruksi  backlink yang menuju blog yang anda miliki. Kalau kita pelajari dan cermati rumus pagerank google maka pilar utamanya memang bobot dari backlink. Dari rumus algoritma tersebut sebenarnya bisa dipelajari pula tapi agak pelik, sehingga banyak orang tidak memperdulikannya.


Yang pasti SEO Off Page bergantung pada kualitas backlink juga beragam jenisnya antara lain dilihat dari kesesuaian tema dengan blog anda, yang lain adalah tinggi rendahnya  Pagerank (PR) blog yang memberikan backlink. Selain itu ternyata tidak semua blog bisa otomatis memberikan backlink optimal dengan hanya memberikan komentar, karenanya dikenal blog yang dofollow dan blog yang nofollow.


Dofollow dan  nofollow ada yang berpendapat sama-sama memberikan baclink Cuma kualitasnya saja yang berbeda. Sedangkan pendapat yang lainnya mengatakan bahwa hanya blog dofollow saja yang memberikan backlink. Hal ini bisa di analisa pula pada kinerja blog kita, dengan beberapa tool backlink.


Kualitas backlink juga dipengaruhi oleh Anchor Text, atau pengertian mudahnya adalah  teks yang dijadikan sandaran link atau link yang mengarah ke blog anda . Yang baik adalah anchor text tersebut telah memasukkan target keyword blog anda.


Bahasan SEO Off Page menyisakan pertanyaan menarik berikutnya adalah, darimanakah dan bagaimanakah backlink didapat? Tentu ada beberapa cara yang umum dilakukan banyak blogger antara lain sebagai berikut:


Backlink didapatkan dengan aktifitas saling bertukar link dengan blog lain, usahakan yang mempunyai topik serupa dengan topic blog anda, hal ini agar ada kualitas bagus dibacklinknya. Pergunakan text link yang anda pakai sebagai keyword agar search engine bisa lebih akurat membaca link blog anda.


Teruslah lakukan blogwalking dengan wajar untuk memberikan komentar yang bagus, perhatikan masalah bahasa juga, kalau yang dioptimasai bahasa Indonesia maka backlink akan kuat kalau komentar di blog bahasa Indonesia pula. Selain itu untuk mengoptimasi anda bisa lakukan dengan submit artikel beberapa direktori, social bookmarking, forum dll.



Jadi bisa ditarik beberapa benang merah dalam mengkaji SEO Off Page, yaitu:
1.    Jumlah backlink sangat menentukan
2.    Memperhatikan backlink yang berkualitas
3.    Mendapatkan Backlink secara wajar.
4.    Menggunakan Anchor text yang sesuai dengan keyword blog anda.

Demikian paparan tentang SEO Off Page untuk melengkapi paparan sebelumnya tentang SEO On Page, harapan kita semua semoga "ilmu katon” ini bisa semakin kita kuasai, sehingga tidak melakukan kesalahan mendasar untuk membangun blog yang baik sesuai permintaan yahoo, google atau yang lainnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon