Jumat, 25 Desember 2009

Jualan Link Blog Untuk Meraih Dollar Online

Jualan link meraih dollarSalah satu jenis bisnis online yang paling mudah untuk dilakukan oleh para blogger adalah  berjualan link. (pranala, pautan, yang merupakan sebuah acuan dokumen hypertext ke dokumen lain). Apabila anda telah mempunyai blog yang sudah menyandang pagerank google (minimal PR 1) maka jangan lewatkan Dollar lepas dari genggaman anda.  Bagaimanakah praktik jualan link ini dilakukan?, dan bagaimana Dollar Online dapat diraih?


Jualan link berhubungan dengan penyediaan layanan berupa ruang/space pada blog anda untuk ditempati sebuah link. Jadi anda menyediakan tempat untuk menaruh link, ya sejenis dengan blogroll yang digunakan untuk praktik tukar link antar blogger. Namun yang membuat beda adalah: blogroll itu link dua arah (two way link), sedangkan link yang dijual ini hanya satu arah (one way link). Jadi anda memasang link (mengigit) relasi bisnis tanpa di link balik (digigit), atas pengorbanan ini anda mendapat bayaran Dollar.


Mengapa ada yang relasi yang memasang link dan mengeluarkan uang? Keuntungan macam apa yang akan mereka peroleh? Bagi blogger/pebisnis online/ konsultan SEO blog maka dengan upaya memasang link merupakan strategi SEO untuk dengan cepat berpeluang dikenal public online dan terindeks oleh crawler  serch engine. Selain itu menurut rumus pagerank google, apabila sebuah blog dilink oleh sejumlah tertentu blog, atau sejumlah blog PR terntu maka akan mendapatkan google pagerank (PR) tertentu pada saat ada update pagerank google.


Dengan menyiapkan sejumlah uang $ tertentu maka relasi bisnis kita berbelanja link, misalkan dia ingin blognya langsung dapat link dari 18 blog PR 3 yang mempunyai content sejenis temanya maka pada saat update blog tersebut langsung pagerank 2. Bila ingin Pagerank 4 maka butuh 101 link dari blog pagerank 4 atau 1 link dari blog page rank 7. OK, skema selengkapnya bias dilihat di pagerank google.


Untuk operasi bisnis berjualan link salah satunya bias menggunakan jasa dari beberapa vendor luar negeri yang popular dan banyak digandrungi oleh para blogger antara lain:




  1. Backlinks, cukup mudah untuk digeluti dengan syarat blog anda minimal telah menyandang PR 1. Untuk harga tergantung PR, selengkapnya bias dilihat , akan tetapi harga memang tidak terlalu tinggi bila dibandingkan dengan text links ads. Bagi anda yang belum mencoba silahkan saja, anda tinggal mendaftar, mengisi data blog, pasang kode, pasang widget, activasi, maka gerobak untuk jualan sudah siap. Perlu diingat bahwa blog yang didaftarkan adalah punya hosting sendiri ASP atau PHP. Anda tinggal menungu saja, kalau laku maka langsung menghuni gerobak, anda diemail pemberitahuan, dan akan dibayar setiap bulan.

  2. ASK2LINK, jualan link ditempat ini cukup mudah syaratnya, blog minimum Pagerank 1 atau memiliki alexa dibawah 2 juta, Ask2link menawarkan beberapa cara untuk mendapatkan dollar, baik lewat teks link atau banner. Untuk blogger gratisan (blogger, wordpress.com) juga bisa bergabung di sini.

  3. Textlinkads (TLA), vendor ini memberikan bayaran cukup tinggi untuk jasa jual beli linknya. Namun syaratnya memang agak berat karena anda harus punya blog dengan PR minimal 4, Biasanya  isi blog Inggris yang diizinkan . Caranya standar saja dengan mendaftar, kalau disetujui, tinggal kita pasang kode di blog kita, dan tunggu pemasang link.


Untuk vendor yang dapat memfasilitasi jualan link lainnya  akan dibahas lain waktu, OK terima kasih.

Artikel Terkait

1 komentar so far

Kalo alexa diatas 2 juta, pasti ditolak ya?


EmoticonEmoticon