Rabu, 23 Desember 2009

Paypal dan Sejarahnya

paypal-bigPaypal sudah sangat familier dan begitu akrabnya terdengar ditelinga para pebisnis online, hal ini dikarenakan transaksi bisnis online begitu mudah dilakukan dengan alat pembayaran ini. Bagi yang ingin tahu, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih banyak tentang Paypal dengan melanjutkan membaca paparan Paypal dan sejarah singkat ini.  


Paypal merupakan salah satu alat pembayaran online (Payment procesors) yang saat ini paling banyak dipergunakan oleh para pebisnid online. Para pebisnis online dengan mudah dan aman dapat melakukan transaksi bisnis dengan relasinya.  Beragam aktifitas bisnis online seperti membeli barang di ebay, jualan link, membeli domain, membeli hosting, bisnis paid review, mengirim dan menerima sumbangan online, dll bisa dilakukan dengan paypal.


Penggunaan Paypal telah merevolusi beragam kekurangan dan ancaman dalam pengiriman uang secara umum dengan menggunakan Ceque yang membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Karenanya para pebisnis dapat mendapatkan banyak manfaat apabila memakai paypal.


Pusat bisnis perusahaan Paypal ini terletak di San Jose, California. Perusahaan ini dikenal dengan Paypal Corp.  Perusahaan ini merupakan  merger dari  dua perusahaan Confinity dan X.com yang dilakukan pada tahun 2000. Confinity awalnya merupakan alat pembayaran Palm Pilot dan sebagai perusahaan kriptografi, sedangkan X.com adalah perusahaan penyedia jasa perencanaan keuangan.


Pada tahun 2002 ebay melakukan ekpansi bisnis dengan melakukan akuisisi terhadap Paypal dengan transaksi sebesar US$ 1,5 miliar. Sebelumnya Paypal telah digunakan lebih dari 55% pengguna layanan ebay. Pada saat itu Paypal sudah mengalahkan alat pembayaran di ebay yang lainnya yaitu Billpoint. Pada akhirnya ebay menghapus layanan Billpoint untuk menjadikan Paypal sebagai brand bisnis ebay.


Paypal terus mengukir sejarah, pada Oktober 2006 saja sudah mampu menerima transaksi 103 negara dengan 16 mata uang, Namun saying kita pengguna Paypal di Indonesia masih harus menggunakan US dollar , semoga saja rupiah segera masuk sebagai mata uang resmi di Paypal.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon