Rabu, 09 Desember 2009

Sejarah dan Fasilitas Yahoo

yahoo incYahoo! Dari sejarahnya sejak ditemukan dan kemudian dipublish mulai  tahun 1994, ada  orang yang menjadi konseptor  dibelakang semuaini, yaitu dua orang mahasiswa yang bernama: David Filo dan Jerry Yang. Pada saat itu Yahoo dibuat sebagai salah satu bentuk untuk menyalurkan aktifitas online mereka.


Pada saat mahasiswa Universitas Stanford sedang liburan, kebetulan juga seorang profesor pengajar sedang pergi ke luar kota karena sedang menempuh libur cuti besar. Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang yang sedang mendapatkan tugas yang harus melakukan penjelajahan melalui internet.


Secara kebetulan mereka menemukan cara yang efektif  untuk mengumpulkan sebuah daftar bookmark yang besar, yang kemudian dikelompokkan berdasarkan subyek tertentu. Dari sinilah lahir ide, untuk membuat bentuk online dari ide ini. Kemudian merekapun membuat sebuah program database untuk menerapkan ide tersebut.


Dari sinilah cikal bakal lahirnya Yahoo!.Yahoo kemudian berkembang dan menjadi sangat popular. Pada tahun 1994, Yahoo telah mencapai akses sejuta dalam satu hari, yaitu dengan 100 ribu pengunjung. Pada saat ini Yahoo adalah salah satu Web Favorite yang di akses oleh lebih 400 juta lebih pengunjung dalam setiap bulannya.


Yahoo! dioperasionalkan oleh perusahaan bernama Yahoo! Inc. Meski pada awalnya hanya semacam bookmark namun seiring perkembanganya maka Yahoo kini semakin maju pesat dan menawarkan beragam fasilitas dari email yahoo, search engine yahoo, yahoo groups, yahoo.bookmark, yahoo babel fish, yahoo downloads, yahoo games, yahoo massager, dan yahoo geocities.



Pada tahun 2008 lalu Yahoo tersandung masalah ketika mengalami kesulitan keuangan, bahkan kemudian dikabarkan akan merger dengan Microsoft. Perusahaan milik Bill Gates ini mengajukan penawaran kepada Yahoo senilai USD 45 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Beberapa bulan kemudian, Yahoo menolak tawaran Microsoft tersebut dan menganggap tawaran itu terlalu rendah.

Sampai kini para pengguna layanan dan produk Yahoo masih setia dan jumlahnya juga makin banyak. Meskipun telah muncul pesaing yang menawarkan layanan serupa, Yahoo masih yakin para pengguna fanatiknya tidak akan meninggalkan mereka. Yahoo yakin sejarah masih diukir untuk waktu mendatang.

Sejarah tentang yahoo, tentu pula tidak bisa lepas dari sejarah masing-masing program unggulannya saat dilaunching, sehingga mempunya perjalanan tersendiri pula. Misalnya bagaimana sejarah lahirnya fasilitas yahoo downloads, sejarah lahirnya yahoo games, atau sejarah lahirnya yahoo geocities, dst.


Bagaimanapun kelebihan dan kekurangannya yang ada, namun tak terbantahkan bahwa yahoo telah menjadi sejarah dunia. Demikian paparan ringan tentang yahoo, met menggunakan fasilitas yang ada bila anda berkenan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon