Rabu, 27 Januari 2010

Analisis Popularitas Link Dari Artikel Blog

the best linksAktifitas yang agak jarang, lupa, atau bahkan tidak pernah dilakukan oleh segenap blogger adalah melakukan analisis kualitas seluruh artikel blog dari sisi popularitas linknya.  Analisis ini akan manfaat sebagai bahan refleksi dan evaluasi aktifitas ngeblog anda, khususnya optimalisasi untuk dipersembahkan pada Search engine (SEO).


Manfaat yang akan anda dapatkan dari melakukan analisis ini antara lain:




  1. Anda akan tahu link artikel anda yang paling berkualitas dihadapan search engine (google misalnya). Artinya link tersebut paling tinggi dikunjungi dan diakses pengguna search engine, jadi anda akan mengetahui link apa saja peringkat 5 besar, 10 besar dan seterusnya.

  2. Anda akan mengetahui jumlah visitor dari search engine untuk masih-masing link, baik itu harian mingguan maupun bulanan. Para pengunjung yang datang dari search engine seperti ini biasa disebut dengan unique visitor (UV). Anda akan menemukan link yang menjadi pilar pendulang traffic blog tersebut.

  3. Anda akan mengetahui hasil ngeblog yang selama ini dilakukan dengan menerapkan ilmu dan ajian SEO, menembak kata kunci, baik melalui judul atau menempatkan keyword dalam tubuh artikel. Akan mudah diketahui keyword apa yang sukses menjadi andalan blog anda.

  4. Anda akan mempunyai bahan untuk menyusun strategi pengembangan blog kedepan, keyword apa yang bisa untuk dipoles lebih lanjut, cara bagaimana yang efektif dilakukan, dls. Memperbaiki performa dengan melakukan refelksi diri adalah tanda-tanda manusia yang mau maju, bener nggak ya?, ehehheh

  5. Hasil analisa juga bisa anda gunakan untuk melakukan/menyusun strategi monetize blog tersebut. Kalo pengunjung uniknya sudah 2000, 3000, 4000... seperti punya para webmaster atau blog ”besar” maka akan ketemu jenis bisnis online apa yang akan dipilih. Mau fokus di adsense, PPC (pay per click/di bayar jika ada iklan yang diklik), CPD (Cost per day), pelayanan review, jualan link, dll.


Untuk sekedar informasi tentang hasil analisis pada blog ini:


link baik shalimow


Posisi/ pagerank sebuah blog memang berpengaruh pada tampilnya halaman blog anda di halaman pertama search engine, namun pagerank bukanlah segala-galanya karena ada faktor lain yang menentukan seperti keyword, isi article, dll. Apa lagi ya faktor lainnya? Kasih masukan ya....!!!


Blog sederhana ini seumur hidup belum pernah sekalipun mengecap Pagerank 4,  sempat 3 bulan PR 3, yang paling lama justru istiqomah pada PR 0. Namun, biarpun PR 0 ternyata bisa dikunjungi rata-rata 1000-1200 orang setiap harinya. Sampai saat ini hanya sampai disitu kemampuannya, bisa dimaklumi karena pemiliknya masih newbie.


Dengan berusaha semaksimal mungkin disela-sela waktu untuk melakukan blogwalking dengan melakukan kunjungan balasan. Sudah tidak begitu menggebu mencari backlink berkualitas, capee juga ya...apalagi dihantam pagerank google saat update, capee kuadrat. He..he..he...h. Sampai-sampai lupa dofollow blog itu apa, noffolow blog itu apa, cara mengecek pagerank itu bagaimana ya? ....hheeh


Kalau melihat tampilan gambar hasil analisis di atas maka terlihat dijajaran 10 besar ada empat buah tulisan yang bertema sepakbola, padahal diblog ini saya hanya iseng untuk menuliskan beberapa artikel dengan tema ini.  Sejarah sepakbola dan sejarah sepakbola Indonesia menjadi bukti semua itu. Hal inilah yang menantang untuk ditindaklanjuti dan dioptimasi lebih lanjut. Tapi harus siap-siap dulu dengan blog para pendekar sepakbola seperti: berita bola, detik sport, sepakbola.com, biang bola, dan zona bola. Nggak kuat rasanya jari ini bersaing dengan mereka , hehehhehh.


OK, hampir lupa, untuk mempermudah proses anda melakukan analisis kualitas artikel blog dari sisi popularitas maka saya menggunakan jasa dari thebestlinks. Beberapa fasilitas sejenis juga diberikan oleh situs lainnya. Demikian paparan ini semoga manfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon