Minggu, 03 Januari 2010

Peradaban Email Akan Punah 10 Tahun Mendatang

email_iconEmail menjadi alat yang vital dalam dunia online, keberadaanya menjadi penghubung, media komunikasi antar para pegiat fii dunya maiyaa. Beragam fasilitas dan kemudahan dapat didapatkan dengan dimilikinya sebuah email, mungkinkah email akan  punah dalam satu decade kedepan?


Sebuah prediksi yang dihasilkam oleh salah satu lembaga di kampus yaitu antropologis sosial dari Universitas of Kent, terkait dengan hasil penelitian dari TalkTalk.  (TalkTalk salah satu lemaga  penyedia layanan internet).


Dalam penelitiannya Talk-talk meneliti kalangan remaja di Negara Inggris , hasilnya adalah sejumlah 51% dari total obyek penelitian menunjukkan masih setia menggunakan  layanan email. Meskipun menurut pengakuannya kotak masuk emailnya dipenuhi dengan email yang masuk setiap harinya.


Berawal dari inilah maka para peneliti meyakini bahwa layanan email ini diprediksi akan mengalami kepunakan dalam satu decade kedepan. Salah satu penyeban dari fenomena ini adalah semkina banyaknya situs jejaring social dan adanya instant messenger yang menyerbu dan mendesak email.


Untuk melakukan komunikasi, diwaktu mendatang para pegiat fii dunya maiyya diduga akan lebih memilih alat dengan menyebarkan pesan melalui situs-situs popular seperti Facebook dan Twitter. Hal ini karena dipandang lebih efektif dan menjanjikan suasana kebatinan yang lebih nyaman dan humanis..


Bila sudah begini, maka email akan terlihat lebih lambat, kuno dan bahkan tidak ‘fashionable’. Ditambah lagi, alternatif email yakni YM dan situs jejaring, selain bisa untuk mengirimkan pesan berbanyak ke semua kontak, ia juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan banyaknya teknologi yang kompatibel.


Maka aktifitas untuk mengirim pesan dengan cepat, singkat yang mampu menjangkau banyak orang akan menjadi pilihan terbaik. Tren terkini sekarang, maka akan ,emjadikan email semakin dekat dengan sakaratul maut pada waktu mendatang, seperti dikatakan oleh Mark Schmid, Communications Director, dari TalkTalk Group.


Beberapa vendor email besar juga terlihat terus menambahkan beragam fasilitas baru pada layanan email yang dipunya, salah satu harapan mereka adalah email semakin akrab dan dicintai. Kita tunggu aja peradaban ini akan menemukan teknologi apa lagi???. TX

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon