Kamis, 21 Januari 2010

Shalimow.com, Newbie Menyambut Datangnya Alexa Rank 100.000

welcome alexa rank 100Alexa Rank 100, selamat datang, kami telah siap menyambut kedatanganmu dengan segala kesahajaan, kami berbahagia atas kehadiranmu. Ungkapan lugu seorang anak kemarin sore dalam dunia ngeblog, yang mencoba untuk  mensyukuri atas perjalanan shalimow.com yang telah mampu merangkak untuk meraih Alexa Rank 100. Beberapa hari ke depan Insyaallah dia akan datang, dengan tanda-tanda karena setiap hari rank terus merengsek mendekati angka 100.


Alexa Traffic Rank adalah rangking popularitas dari sebuah blog yang dihitung berdasarkan ramainya kunjungan (traffic) dari blog tersebut, Rangking ini dikeluarkan oleh Alexa. Perhitungannya berbeda dengan Google page rank, kalau di Alexa semakin kecil nilai rank maka blog itu mempunyai tingkatan popularitas yang lebih tinggi. Range dari perangkingan dari Alexa ini dimulai dari angka 1 sampai dengan berjuta-juta.


Alexa Rank 100 ini saya raih tanpa kontes-kontesan, seperti layaknya beberapa teman yang melakukannya untu akselerasi hadirnya alexa rank yang lebih mantab. Apabila saya menyelenggarakan kontes kecil-kecilan mungkin bisa menembus 50 alexanya, (hehehehh kok PD amat sich). Tapi karena tak mampu menyediakan hadiah maka saya hanya bisa berharap naikknya alexa rank dengan berdoa saja, wkwkwkwk.


Andai punya waktu mungkin juga bisa memanfaatkan beberapa komunitas untuk semakin memperbanyak sahabat, sehingga trafik juga akan semakin membaik.  Mendaftar ke direktori yang lebih bagus lagi masih menjadi obsesi yang belum kesampaian. Juga promosi dengan memasang iklan gratis nyaris belum pernak dilakukan shalimow.com.


Meskipun berkali-kali google menghajar wajah shalimow.com hingga biru lebam dan hasilnya seperti kondisi sekarang Pagerank 0, namun enjoy aja. Hadirnya alexa rank seolah menjadi hiburan karena masih ada pihak yang menghargai jerih dan payah, membangun blog ini heheheheh. Jadi layak kiranya mengucap “ thanks alexa” kamu telah menjadi penyemangat untuk setia ngeblog, blogwalking, tukar link, dan promosi blog lainnya.


Beberapa langkah untuk menarik pengunjung ke blog kumal ini telah banyak dilakukan, mulai berdoa, istighozah, silaturahim, jalan-jalan online, dll. Hingga saat ini alhamdulillah setiap harinya saya amati ada sekitar 1000 pengunjung mampir ke blog ini. Belum terfikir untuk monetize secara optimal blog bahasa Indonesia yang satu ini. Masih lebih enjoy untuk blog bisnis bahasa Inggris karena lebih mudah dan prospek.


Beberapa waktu silam saya mencoba mengakrabi alexa ini dengan mengunakan Alexa Toolbar. Alasan menggunakan Alexa toolbar karena akan membantu dalam operasional ngeblog karena pencarian kita secara otomatis akan langsung terindeks oleh mesin pencari alexa. Perlu diingat bahwa masing-masing operator search engine tentunya akan memberikan nilai lebih pada usernya, sehingga korelasinya dengan rank sangat logis.


Langkah lain yang saya lakukan adalah memasang Alexa Widget, dengan memasang Alexa site stat widget di blog shalimow.com maka akan mengantarkan data pengunjung (sebagai ping) ke server Alexa sehingga dengan cepat mempengaruhi statistik Alexa menjadi lebih up to date.
Demikian pengalaman shalimow.com berkenalan dengan mbak Alexa, kalau teman-teman ada masukan untuk memperbaiki kinerja blog ini maka saya sangat berbahagia karenanya. Sebagai newbie saya hanya berharap ada yang membimbing saya ke jalan yang benar, sebelum sakharatul maut datang menghampiri. tx

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon