Sabtu, 13 Februari 2010

Status Pagerank google: virgin dan lost virginity

virgin pagerank and virginityPara aktifis fii dunya maiyya khususnys para blogger, tentu cukup akrab terhadap keberadaan pagerank google. Bahkan segenab kasih sayangpun tidak sedikit yang tercurahkan padanya,  semua semata-mata dalam frame kasih sayang yang lebih besar terhadap blog tentunya. Pagerank google akhirnya menjadi status yang berharga, laksana status keperawanan bagi sang gadis.
Dengan rumus algoritmanya menegaskan bahwah faktor utama penilaian pagerank sebuah blog berpilarkan pada jumlah backlink yang menuju blog tersebut. Kualitas backlinknya tergantung pada tingkatan pagerank blog yang memberikan linknya tersebut, semakin tinggi pageranknya maka semakin berkualitas.

Karena aktifitas online yang dilakukan masing-masing blogger sungguh beragam, ada yang putih dan sholeh, namun ada pula yang hitam agak legam. Jungkir balik, akrobatis dilakukan masing-masing untuk sebuah misi SEO, misi monetizing blog, dll.  Namun tak jarang aktifitas tersebut banyak yang melanggar aturan google (terlepas tahu atau tidak), google tak punya hati, karena dia adalah mesin online.

Saat melakukan update pagerank rutinnya (umumnya 3 bulanan) maka akan didapatkan korban-korban pembantaian mesin pagerank google. Cukup banyak yang mengalami kenaikan pagerank, namun tidak sedikit yang mengalami penurunan. Mungkin hal ini sebuah kenyataan kehidupan online yang tidak lepas juga seperti keniscayaan hidup didunia ini, ada suka dan duka, ada senang dan sedih , dst.

Menjelaskan judul posting kali ini, Status Pagerank google: virgin dan lost virginity adalah merujuk pada status dengan symbol yang sama namun makna yang berbeda. Maksudnya begini, misalkan kita ambil Shalimow.com saat pertama kali dilaunching menyandang pagerank 0, dan saat ini atau satu sahun lebih sesudahnya kembali menyandang pagerank 0.  Untuk diketahui pagerank tertinggi yang pernah disandang Shalimow.com adalah PR 3.

Pagerank 0 dengan dua status tersebut menurut pendapat saya mempunyai makna yang berbeda,  Pagerank 0 awal selanjutnya kita sebut statusnya virgin dan Pagerank 0 saat ini kita sebut lost virginity. ………(izinkan pake istilah ini ya!!! Hehehh). Makna antara virgin dan lost virgin memang beda terlepas mana yang lebih mulia, enak, dll, yang jelas serch engine menegaskan hal demikian.

Ketika sebuah blog mengalami drop pagerank saat ada update maka tidak serta merta kualitas di search enginenya mengalami penurunan juga. Dari pengalaman saya menunjukkan bahwa pagerank 0 (lost virginity) di search engine masih tetap sehat wal afiat dan gagah perkasa seperti sedia kala saat masih meraih pagerenk tertinggi yang diraihnya.

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa pagerank hanya sebuah anugrah status belaka, kekeuatan disearch engine tetap berpijak pada pilar-pilar backlink yang riil melekat pada blog tersebut. Didunia terkadang status memang penting, namun bukan segalanya, yang terpenting adalah,……….

Atau ada masukan dan diskusi lain…….. Terima kasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon