Kamis, 18 Maret 2010

Niche, Istilah Penting Dalam Bisnis Online

Niche, bagi para blogger tentu bukan hal yang asing lagi, namun ada baiknya hal ini juga diketahui oleh yang lainnya. Untuk itu posting kali ini mencoba membahas tentang hal tersebut. Asal dan sejarah kata Niche, adalah sebuah kata bahasa prancis abad 17, nichier, yang mempunyai arti ” Membangun sarang”. Jadi apa sebenarnya pengertian niche ?
Pengertian niche ada 2 buah, yaitu :
1.    Posisi / aktifitas yang cocok bagi bakat dan kepribadian seseorang sehingga dia bisa sukses berkembang dalam area keahlian tsb.
2.    Pasar yg telah terkonsentrasi. Pangsa pasar yg terspesialisasi pada satu jenis produk atau layanan.
Niche memang merupakan frase kata untuk topik atau subjek tertentu yang fokus dan potensial diminati oleh kelompok tertentu (popular). Dalam tata bahasa Indonesia kata niche dapat diartikan sebagai “ceruk”. Menurut wikipedia kata niche diberi pengertian sebagai ‘bagian dari sektor pasar yang fokus dan ditargetkan’.
“misalnya, bila anda mengetikkan keyword/kata “Kesehatan” di search engine, maka akan muncul banyak pilihan yang mengandung kata kesehatan. Apakah anda menemukan kata/keyword yang diminati? Meskipun ada jutaan orang yang mengetikkan kata “kesehatan”, namun sebagian diantaranya akan mengulangi pencariannya dengan mengubahkeyword menjadi lebih spesifik, misalnya “Kesehatan mata”. Kesehatan mata adalah contoh Frase spesifik atau niche.
Kalau ditarik kepada pengertian niche blog maka maksudnya adalah blog yang mengandung  niche khusus yang membahas suatu masalah tertentu yang potensial untuk menarik bagi banyak pihak terkait.
Demikian sekelumit tentang niche, semoga bisa menjadi bekal yang cukup dalam menjalankan beragam aktifitas bisnis online yang terkait niche. Niche sangat dibutuhkan dalam transaksi bisnis jual beli domain atau blog , riset keyword, atau bahkan untuk melakukan analisis content blog, serta pengembangan SEO blog.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon