Selasa, 30 Maret 2010

Shalimow, Apa Sih Arti dan maksudnya OM, Mas, Pak?

Nama shalimow sejak dipergunakan sebagai nama domain blog ini, tidak sedikit yang bertanya tentang asal-usul, dan artinya. Memang bisa dipastikan di Indonesia dan di dunia baru pertama digunakan, karena yang ada selama ini hanya: salim, shalim, Shalimar, Solomon, sholomon, shalmin, etc. Atau kalau seluruh dunia ada: shalimov, shalimi, shaliman, etc. Biar nggak terus penasaran maka akhirnya posting juga tentang hal ini.


Asal mula nama Shalimow berawal dari bumi AREMANIA Malang, tepatnya semasa menuntut ilmu dikota dingin ini.  Nama Shalimow dilekatkan oleh teman-teman komunitas kepada aku berawal dari ceritaku pada beberapa teman tentang keunikkan yang aku alami yakni mempunyai ayah kandung bernama: Imron Shalim, mempunyai kakek dari jalur ayah bernama: Wiryo Shalim, sedangkan kakek dari jalur Ibu bernama: Joyo Shalim.

Dari ketiga nama leluhur tersebut secara kebetulan  sama-sama mengandung unsur kata shalim, berarti shalim group, he..he, karena nama shalimo group sudah beken maka pada akhirnya aku dipanggil Shalimow saja. Secara kebetulan belum ada satupun yang memakai nama ini di Indonesia maka jadilah. Dibeberapa dokumen artikel media, makalah diskusi, covered aktifitas oleh koran akhirnya shalimow melekat dibelakang nama Yunan.

Nama Shalimow semakin menyembul manakala bisa mengisi ruang kosong dunya online dengan nama tersebut. Tepatnya pada tanggal 19 Maret 2008, aku me-launching sebuah blog pribadi ini: www.shalimow.com. Dan seiring dengan aktifitas sebagai blogger yang melakukan blogwalking dan membangun SEO blog maka nama shalimow bertebaran dimuka bumi menempel diratusan blog seantero jagad raya, he..he..he.

Beberapa tahun silam saya sempat membuat sebuah email sha_5_w@yahoo.com. Email ini sempat saya gunakan dalam bisnis online 4-5 tahun yang lalu ketika masih jaya-jayanya Swisscash. Seiring dengan SCAM nya bisnis disitu maka saya akhirnya membuat email baru dengan nama shalimow secara utuh.

Untuk mencari makna filosofis dari Shalimow akan lebih mudah dengan meminjam email lama tersebut: sha_5_w@yahoo.com. kira-kira apa maknanya ya???. OK, biar keren maka Shalimow bisa dimaknai: sha: shalat, 5: lima (jawa:limo), w; waktu. Jadi Shalimow adalah sebutan mudah untuk mengingatkan semua muslim untuk menunaikan ibadah wajib sholat lima waktu.

Dalam konteks yang lebih luas maka Shalimow bisa menjadi sebuah pesan ibadah, seruan, dan pengingat-ingat pada sekalian muslim untuk melaksanakan amal ma’ruf nahi mungkar. Ibadah dimaknai seluas-luasnya termasuk ibadah social, sehingga hal inilah yang menjadikan spirit untuk berbuat “memberi” dalam makna yang luas.

OK, pesan Shalimow adalah, ingat!!!

Sha-limo-w = Shalat-Lima-Waktu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon