Jumat, 09 April 2010

Benarkah Skripsi, Thesis, Disertasi … is a midnight nightmare for students

Segenap orang menginginkan punya kemampuan untuk mengakses bangku sekolah/kuliah (strata 1, 2, 3) demi masa depan yang lebih baik. Segenap orang yang lain yang telah mampu mengaksesnya, tidak sedikit yang mengalami masalah sehingga karir studinya merana dan nyaris musnah. Haruskah  aktifitas “bersekolah” merupakan hal yang menyiksa, membuat sengsara, membawa beban berat, dst?   Atau sebaliknya merupakan hal yang nyaman, nikmat tiada tara, kelezatannya tak tergantikan, surga dunia, dst?


Kendala besar yang sering dialami oleh para mahasiswa yang mengalami masalah dalam pengerjaan Skripsi, Thesis, Disertasi tentulah beragam. Masalah-masah tersebut paling banyak disebabkan oleh faktor yang datangnya dari diri sendiri. Sehingga penyelesaian masalah ini harusnya berfokus pada individu bersangkutan. Melakukan refleksi diri, kontemplasi, reorientasi atas tujuan awal untuk menuntut ilmu, tujuan utama untuk kuliah akan sangat menolong tentunya.

Skripsi, Thesis, Disertasi yang mangkrak memang bisa berasal dari faktor luar misalnya kegagalan dalam penelitian, birokrasi kampus, dan faktor pribadi lainnya yang khusus seperti masalah keluarga, dll. Untuk keluar dari masalah yang terkait lingkungan seperti ini memang bergantung pada kedewasaan pribadi masing-masing. Masalah pelik yang ada memerlukan kerja cerdas yang sudah direncanakan secara matang sejak awal. Upaya konseling, berdiskusi dengan pihak lain juga alternative yang bisa ditempuh apabila upaya mandiri masih belum optimal mencari solusi.

Faktor kejenuhan, bosan, bête, dls karena terlalu intens bergelut dengan tema: Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Jenis Penelitian, Fokus Penelitian, Lokasi dan Situs Penelitian, Sumber Data, Teknik Pengumpulan Data, dll sering berakibat stress yang berdampat negative lainnya. Upaya untuk mendampingi aktifitas serius semacam ini dengan hal-hal yang santai rekreatif, happy-happy mungkin perlu juga dibangun harmoninya.

OK, harus disadari sepenuhnya bahwa Skripsi, Thesis, Disertasi adalah bagian tugas dari proses belajar yang harus dilalui, jadi bukan untuk dilewati. Hadapi tantangan tersebut dengan mempersiapkan diri lebih dini, banyak komunikasi dengan pihak terkait yang berkompeten, dan juga beribadah. Jadikan Skripsi, Thesis, Disertasi, hanya sebagai ujian kecil yang menyenangkan dan akan mengukir senyuman bahagia diakhir proses belajar disebuah strata.

Selamat berjuang!!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon