Kamis, 08 April 2010

Merindukan Nikmatnya Membelah Durian Sumatra

Durian, bagi sebagian orang adalah salah satu jenis buah buahan yang mampu menghadirkan kerinduan yang teramat sangat. Namun sebaliknya karena aromanya yang sangat tajam mampu membuat klepex-klepex juga. Paparan ini mencoba mengenang kembali nikmatnya membelah durian Sumatra pada beberapa kesempatan.


Durian merupakan tumbuhan tropis asal Asia Tenggara, nama ini diambil dari bentuk kulit yang mempunyai ciri khas  yang seperti berduri dan keras. Sebutan terhormatnya adalah "raja segala buah" (King of Fruit).

Durian mempunyai nilai gizi untuk setiap 100 g daging buah mengandung 67 g air, 28,3 g karbohidrat, 2,5 g lemak, 2,5 g protein, 1,4 g serat; sehingga memiliki energi sebesar 520 kJ. Vitamin yang terkandung dalam antara lain B1, vitamin B2, dan vitamin C; serta kalium, kalsium dan fosfor.

Di Indonesia ada 20 spesies, pada musim raya panen durian, buah ini berlimpah, terutama di pusat produksinya di beberapa daerah. Selama empat tahun terakhir secara kebetulan saya banyak melakukan perjalanan ke beberapa propinsi di pulau Sumatra, sehingga kenikmatan duriannyapun tidak terlewatkan.

Di Lampung, hampir dipenjuru kota terdapat penjual durian, namun pengalaman menunjukkan bahwa rasa durian yang enak pernah saya nikmati di kota Tanggamus, Lampung. Bersama rekan-rekan setempat kita langsung memetik dan membelahknya dikebun.

Di Sumatra Selatan, selain dikota Palembang yang memang diserbu durian dari beberapa  penjuru Sumatra, namun yang sangat berkesan hádala saat memakan durian tembaga dikota Lubuk Linggau. Sama juga proses memakannya juga dilakukan di kebun, membelah dan menikmatinya bersama.

Di Bengkulu, selain di seputar kota yang banyak dijual buah durian yang rasanya mantab namun yang sangat berkesan pada saat memakan durian ditepi pantai panjang, sambil melihat pemandangan. Dan semakin mantab manakala disertai meminum es kelapa muda..wowooww. mantab.

Di Sumatra Barat, penjuru kota biasanya diserbu oleh pedagang durian yang berasal dari Sumatra Utara. Rasa durian juga mantab dan enak, bersama rekan-rekan setempat kenikmatan durian semakin menanjak manakala langsung membelahnya sendiri.

DI Nangroe Atceh Darussalam  juga tidak kalah mantab buah duriannya, menikmatinya setelah menikmati panorama kota Banda Aceh sambil konkow-konkow dilokasi bekas Tsunami, mantab. Rasanya tidak ada daging buah durian yang nggak enak, semuanya mantaab juga.

Foto yang ada diatas tersebut adalah aktifitas saat membelah, dan menikmati buah durian di Sumatra Utara beberapa waktu silam. Buah durian Sumatra memang lezat dan membuat kangen untuk selalu menikmatinya. Biar semakin mantab sambil melihat Julia Perez megal-megol mendendangkan Belah Duren –nya. OK selamat menikmati !!!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon