Sabtu, 22 Mei 2010

Meningkatkan Traffic Blog Dengan Meningkatkan Kualitas Artikel

Kemampuan untuk menulis artikel dengan bagus (jurnalistik) bukanlah sebuah prasyarat mutlak bagi seorang bloger. Namun berkemampuan untuk menulis artikel yang menarik  pembaca dan dijamin lolos copyscape (indikator copy paste) jauh lebih potensial untuk peningkatan kinerja sebuah blog.

Bagi pengunjung atau pembaca sebuah blog umumnya menjadikan kesegaran, informatif, unik, dari artikel sebuah blog sebagai pertimbangan. Sehingga kunjungan kesebuah blog tersebut terasa mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang baru dan banyak. Gejala berikutnya adalah pembaca tersebut mengaduk-aduk tulisan yang lainnya untuk memastikan dan mencari yang lain.

Kalau kita melihat statistic sebuah blog, bandingkan jumlah pengunjung dengan jumlah halaman yang dilihatnya. Semakin tinggi perbandingannya maka tidak bias ditolak lagi artikel blog tersebut menarik bagi para pengunjungnya. Kalau perbandingannnya 1:5, maka rata-rata satu pengunjung membuka 5 halaman lain, dst.

Karakter yang demikian umumnya datangnya dari  pengunjung yang berasal dari search engine. Apabila pengunjung tersebut baru pertama kali mengunjungi blog tersebut dan menemukan tulisan yang menurutnya menarik maka umumnya dia merasa haus, lapar pada tulisan yang lainnya. Para blogger juga tidak sedikit yang berkarakter demikian, blogwalking sekaligus menimba ilmu dan mencari inspirasi untuk tulisan blog yang dimilikinya.

Jadi agenda yang harus dilakukan oleh seorang blogger untuk meningkatkan trafik blognya salah satunya adalah menulis artikel yang lebih banyak lagi, menarik dan berkualitas karena ratusan artikel yang sudah anda posting tersebut akan potensial untuk menarik pengunjung dari search engine dengan beragam keyword yang mereka tuliskan. Memang factor lain seperti SEO juga menentukan, sudah pasti pagerank juga.

Originalitas sebuah artikel menjadi faktor lain yang perlu diperhatikan, bila kita menginginkan artikel kita benar-benar potensial menarik trafik. Kalau kita bisa memastikan artikel kita satu-satunya dimuka bumi ini, tidak ada satupun kalimat yang sama persis di blog orang maka artikel kita unik dan original, dan sudah pasti lolos copyscape.

Dari pengalaman menunjukkan bahwa, akan jauh lebih potensial untuk mendatangkan pengunjung dengan menggunakan beberapa puluh artikel original daripada ratusan artikel PLR  atau artikel copy paste. Jadi jika serius  menginginkan traffic, maka harus menulis artikel yang original. Pola semacam ini terus saya coba dibeberapa blog bahasa Inggris yang saya miliki, dan hasilnya memang demikian. Terima kasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon