Senin, 07 Juni 2010

Sejarah Lahirnya Piala Dunia Sepakbola

Piala Dunia Sepakbola FIFA  yang lebih popular dengan Piala Dunia merupakan momen penting dalam pertandingan sepakbola antar Negara diseluruh dunia. Menjadi gawe resmi dari federasi sepakbola dunia (Federation Internationale de Football Association), maka pertandingan piala dunia begitu menyita perhatian orang sedunia.
Piala dunia selalu diadakan setiap empat tahun sekali sejak tahun 1930 (kecuali tahun 1942 dan 1946 terkendala oleh Perang Dunia ke-II). Pada putaran final akan melibatkan sejumlah 32 tim nasional Negara-negara yang lolos seleksi. Mereka bertanding selama empat minggu di negara yang ditunjuk menjadi tuan rumah.


Dari sejumlah tujuh belas kali penyelenggaraan piala dunia, ternyata hanya menelorkan sejumlah tujuh negara saja yang berhasil menjadi juara piala dunia. Brazil telah memenangkan  Piala Dunia sebanyak lima kali, diikuti Italia sebanyak empat kali, dan Jerman sebanyak tiga kali. Untuk Piala Dunia yang berikutnya akan dilangsungkan dibenua Afrika tepatnya  dinegara Afrika Selatan mulai 11 JunI sampai dengan 11 Juli 2010.


Pertandingan “Piala dunia” yang pertama kali  berlangsung pada tahun 1872 di antara Inggris melawan Skotlandia. Pada tahun 1900, 1904 dan 1906 sepak bola dijadikan pertandingan pada pesta olimpiade Musim Panas pada thaun 1908. acara ini seperti eksebisi bagi para pemain amatir saja. Kesebelasan amatir Inggris telah berhasil memenangkan pertandingan pada tahun 1908 dan 1912.


Sir Thomas Lipton mengadakan sebuah pertandingan Piala Sir Thomas di kota Turin pada tahun 1909. Pertandingan inilah dianggap sebagai Piala Dunia Pertama, karena sudah melibatkan tim sepakbola dari beberapa negara seperti Jerman, Italia, dan Switzerland.


FIFA pada tahun 1914, bersepakat untuk menjadikan pertandingan Olimpiade sebagai pertandingan dunia resmi untuk pemain amatir. Kejadian ini merupakan pertandingan sepakbola antar benua yang pertama kali terjadi. Pada Olimpiade Musim Panas tahun 1924 tim nasional Uruguay berhasil memenangkan kejuaraan ini.


FIFA kemudian menetapkan keputusan untuk mengadakan  pertandingan melalui kejuaraan tersendiri. FIFA pada tahun 1930 kemudian menetapkan Uruguay sebagai tuan rumah piala dunia yang pertama kali. Presiden FIFA, Jules Rimet kemudian secara resmi mengundang Negara-negara peserta  seperti timnas Belgia, Perancis, Romania, dan Yugoslavia. Dari sejumlah 13 negara yang mengambil bagian terdiri dari tujuh Negara dari Amerika Selatan, empat Negara dari Eropah dan dua Negara dari Amerika Utara.


Piala Dunia ini dimenangkan oleh Perancis dan AS, masing-masing berhasil mengalahkan Mexico dengan skor 4-1 dan Belgia dengan skor 3-0. Gol yang pertama kali lahir dipentas Piala Dunia telah dijaringkan oleh Lucien Laurent daripada timnas Perancis.  Dalam pertandingan final Uruguay akhirnya berhasil mengalahkan Argentina dengan skor 4-2 di hadapan sekitar  93,000 penonton di Montevideo. Akhirnya Uruguay mentasbihkan negaranya sebagai kampium piala dunia yang pertama.


Demikian paparan singkat mengenai sejarah piala dunia, terima kasih

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon