Rabu, 07 Juli 2010

Belanda Masuk Final Piala Dunia 2010, Sukses Kalahkan Uruguay 3-2

Tim Nasional Sepakbola Belanda patut berbahagia karena telah sukses mengakhiri penantian panjang 32 tahun untuk dapat melaju ke babak final Piala Dunia. Kesuksesan ini diraih pada babak semifinal setelah mengalahkan Uruguay 3-2 dini hari tadi di stadion Green Point, Cape Town.


Kemenangan Belanda diawali moment yang terjadi pada menit ke-18 ketika kapten tim Giovanni van Bronckhorst sukses melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya dari jarak sekitar 35 meter. Membawa bola beberapa langkah mendekati kotak gawang, lalu melesakkan bola dan bola mengenai mistar tiang jauh Uruguay, gol.


Unggul 1-0 dari Uruguay membuat mental pemain Belanda nik tajam, namun Uruguay tidak tinggal diam karena terus menyerang juga, hingga berhasil menyamakan kedudukan beberapa sesaat sebelum babak pertama usai. Melalui serrangan dari arah kanan kapten tim Diego Forlan melepas tendangan lengkung dari jarak sekitar 30 meter. Penjaga gawang sempat menepis, namun bola terlalu deras untuk dibelokkan, maka tak ayal lagi terjadi gol balasan Uruguay.


Belanda yang diasuh oleh Bert van Marwijk tidak menyerah dengan kondisi, pada babak kedua terus menggempur pertahanan Uruguay, dan hal ini berbuah sangat manis manakala Wesley Sneijder berhasil menggetarkan jala gawang melalui tendangan kaki kirinya yang tidak mampu dijangkau penjaga gawang Fernando Muslera karena menuju pojok tiang jauh.


Arjen Robben dengan gojekan yang aduhai terus membuat pertahanan Uruguay bekerja keras. Hasilnya puncaknya adalah ketika dia berhasil menyumbangkan gol tambahan atas kemenangan kesebelasan Belanda dengan sundulan kepala menyambut tendangan pojok. Gol ketiga ini disambut dengan sukacita oleh teman-temannya dan para suporter yang terus meneriakan yel-yel kemenangan Belanda.


Tertinggal 3-1 Uruguay tidak patah semangat, dengan sisa-sisa tenaga masih berusaha untuk mencetak gol. Hal ini berhasil ketika Bek kanan Maximiliano Pereira mampu melesakkan bola jabulani ke gawang Belanda melalui tendangan bebas pada menit kedua saat tambahan waktu. Dengan gol ini maka pertandingan ditutup dengan skor 3-2 untuk kemenangan Belanda.


Pada babak final Belanda akan bertemu dengan tim yang menjadi pemenang dari pertandingan semifinal antara Jerman melawan Spanyol. Spanyol dan Jerman baru akan bertanding pada hari Rabu besok di Durban. Hasil pertandingan ini tentu sudah ditunggu oleh publik bola dunia.


Kemenangan Belanda atas Uruguay memang ditentukan oleh beberapa faktor, dan antar faktor tersebut berhasil menyatu menjadi sebuah kekuatan. Beberapa faktor tersebut antara lain:


Kemampuan untuk memanfaatkan serangan dari sayap, Pelatih Bert van Marwijk menjadikan sayap sebagai palu godam yang menakutkan,  dengan bersenjata Arjen Robben di kanan dan Dirk Kuyt di kiri tentulah membuat pertahanan Uruguay sering kedodoran.


Optimalnya lini tengah dengan memberi dukungan kepada Mark van Bommel, meski Nigel de Jong absen. engah Belanda. Bommel sukses berpasangan dengan pengganti de Jong sehingga bisa menjadi pemain pertama yang meredam serangan Uruguay dan bisa optimal menekan pertahanan uruguay.


Memaksimalkan Kemampuan untuk tendangan jarak jauh, lini belakang Uruguay yang paling sulit ditembus di piala dunia dengan penjaga gawang Fernando Muslera. Namun dengan pemain-pemain jago tendangan jarak jauh seperti Wesley Sneijder, Arjen Robben, dan Robin van Persie. Kelebihan yang mereka miliki berhasil dibuktikan oleh kapten tim dengan gol bagusnya.


Belanda dini hari tadi kembali memperindah catatan sejarah sepakbola dunia dengan lolos ke final. Dari catatan sejarah sepakbola menunjukkan rekam bahwa tim ini mencapai final piala dunia pada tahun1974 dan 1978. banyak orang berharap bahwa belanda akan meladeni lawanya dengan permainan cantik saat partai final nanti.

Artikel Terkait

1 komentar so far


EmoticonEmoticon