Minggu, 11 Juli 2010

Cara Membersihkan Link Rusak (broken links) Dengan Plugin

Nyaris tak bisa dihindari adanya link rusak menempel diblog yang anda miliki. Hal ini bisa saja terjadi dengan beragam sebab, antara lain: link keluar tapi blog relasi anda sudah mati atau dibanned, internal link yang anda pasang tidak sempurna, anda merubah (menghapus) beberapa artikel/ catatan page, dll. Bagaimana cara melakukan recek atas link tersebut? Kalo artikel anda sudah 400, 1000, haruskan melakukan recek satu persatu? Ada jalan keluar nggak ya?


Kalau jumlah link rusak dalam sebuah blog jumlahnya terlalu banyak, maka ditengarai oleh banyak blogger bisa mengundang permasalahan tertentu, seperti dirampasnya pagerank anda oleh google. Benar atau salah saya juga nggak tahu karena pagerank sendiri dibeberaapa aspek masih misteri, meskipun ada rumus logaritmanya yang baku. Beberapa forum diskusi juga ada yang berpendapat demikian. Termasuk shalimow.com pageranknya dirampok google, apa karena ini ya? Hehehe...he.


Jejearing link yang saling terhubung dengan kuat tanpa adanya broken links, ibarat sarang laba-laba besar kabarnya juga bisa meningkatkan power blogdi hadapan mesin pencari atau search engine, Googlemisalnya.  Hadiahnya tentu  sebuah kenaikan peringkat, Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan keberadaan link rusak ini.


Mengecek link rusak, link patah atau link putus (broken links) bisa lebih efektif dilakukan dengan menggunakan sebuah tools . Beberapa pilihan yang bisa anda gunakan untuk pengecekan link antara lain dengan linkchecker dari submit express.  Untuk menemukan link rusak yang ada didalam blog anda akan bisa dilakukan lebih cepat. Penggunaanini ada kelemahan, karena bila URL blog yang anda masukkan maka link yang diperiksa hanya pada halaman tersebut saja, jadi tidak bisa total. Kalau demikian halnya akan mengundang keribetan tertentu untuk anda.


Saran saya anda bisa menggunakan sebuah plugin yang cukup bagus untuk membantu mengecek broken links blog. Khusus pengguna wordpress anda bisa gunakan plugin Broken Link Checker. Silahkan anda pasang di blog dengan menguploadnya,  lalu klik Tool Broken Links melalui halaman admin, Maka plugin akan berproses untuk mendeteks puluhan ribuan link yang ada. Pengalaman dari blog ini saya menemukan 440 diantaranya terdeteksi sebagai broken links.


Link yang rusak bisa berupa external link atau outbound link atau link ke luar blog, tapi internal link juga ada. Sisi lain adalah bisa mendeteksi kehilangan image dari blog anda atau server dari luar. Tanda yang ditunjukkan apabila ada link atau image yang hilang adalah kalimat yang dicoret atau berupa image yang tidak muncul dipostingan.


Setelah menemukan sekian banyak masalah pada link yang ada diblog kita, apa yang akan dilakukan? Dengan plugin dari wordpress ini anda bisa membatalkan link yang gagal tersebut dengan klik Unlink, atau mengedit postingan artikel anda yang ada link  link rusaknya. Kalau anda mengedit link jangan lupa me-save-nya kembali. Untuk mengetahuinya selahkan anda mencoba, saya rasa tidak ada ruginya kalau rajin benah-benah broken link. Bagaimana dengan blog yang Anda miliki ? Anda punya pengalaman lain untuk sharing disini.


Silahkan yang mau download klik disini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon