Kamis, 05 Agustus 2010

Cara Mudah Melakukan Push dan Transfer Domain di Godaddy

Beberapa bulan silam sewaktu saya berada di Kaliurang Yogyakarta saya sempat posting artikel mengenai  cara menerima push domain digodaddy.  Kebetulan ada teman yang menanyakan tentang hal ini, kali ini juga merespons permintaan teman blogger tentang bagaimana cara melakukan push domainnya.


Memang semua ketrampilan selalui hadir karena biasa belaka, termasuk bagaimanakan mengoperasikan fasilitas yang disediakan dalam godaddy. Karenanya maka biar lengkap maka lain waktu saya posting juga tentang bagaimana cara mendaftar di godaddy, apa keuntungannya, dll.  Bagaimanapu fasilitas yang disediakan oleh godaddy perlu juga diketahui oleh para blogger.


Aktifitas bisnis online seperti jual beli domain memang tidak bisa menghindar dari push domain, karena hal tersebut akan menyertai proses jual beli tersebut. Karena barangnya berupa domain maka penjual-pembeli bersepakat untuk merumahkan domain tersebut pada rumah pemilik barunya. Supaya tidak berlarut maka ada baiknya yang belum pernah melakukan aktifitas ini untuk membaca-baca pengalaman dari yang sudah pernah melakukan.


Dalam perdagangan domain dikenal dua buah cara untuk memindahkan kepemilikan sebuah domain yaitu dengan cara PUSH dan TRANSFER. Beda dari kedua cara ini adalah: PUSH digunakan pada sesama registrar dari penyedia domain, umumnya tanpa terkena biaya. Sudah barang tentu masing-masing sudah mempunyai account di registrar tersebut.


Untuk Transfer di gunakan pada registrar tertentu yang tidak menyediakan fasilitas PUSH.  Untuk menggunakan transfer dilakukan ke atau dari registrar yang berbeda. Untuk aktifitas transfer biasanya membutuhkan waktu beberapa hari, untuk godaddy butuh waktu sekitar 5-7 hari.


Cara Mudah Melakukan Push dan Transfer Domain di Godaddy, bagaimana diaplikasikan, maka berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan:





  1. Setelah melakukan transaksi pembayaran untuk jual beli domain, maka sang penjual harus segera melakukan kewajibannya untuk push domain menuju account pembeli. (akon godaddy).

  2. Pastikan anda sudah mendapatkan beberapa informasi kunci pembeli domain anda: seperti email, dan account godaddy-nya. Hati-hati jangan sampai salah.

  3. Bila anda penjual maka segeralah masuk ke akon godaddy.com dan login. klik DOMAIN MANAGER yang ada dikolom sebelah kiri, maka akan terlihat seluruh domain anda.

  4. Pilih Domain yang ingin anda push, silahkan centang  kotak samping kiri nama domain.

  5. Arahkan pandangan dipage kolom, silahkan klik Account change. Akan muncul tiga pilihan melakukan push, enter new details, use details from specified account atau do not change. Silahkan anda pilih yang use details from specified cust. lalu masukkan detail account orang yang mau kamu push yaitu Email dan acc no. Untuk menjadi perhatian bila anda salah memasukkan misal email maka transaksi tidak akan di proses, karena godaddy akan mengecek ulang kesesuaian acc no dan email.

  6. Sesudahnya maka anda aakan dihadapkan dengan jendela agreement, silahkan centang kedua kotak tersebut.

  7. Klik next dan proses Melakukan Push dan Transfer Domain di Godaddy sudah selesai. Perubahan status membutuhkan waktu beberapa menit, lihat status domain tersebut kalau sudah menjadi changing account berarti sukses.

  8. Maka tugas anda sebagai penjual untuk melakukan push domain selesai sudah.


Demikian paparan mengenai Cara Mudah Melakukan Push dan Transfer Domain di Godaddy, semoga manfaat bagi yang membutuhkan. Tapi kalau anda masih penasaran atau mengalami kendala lain anda bisa baca-baca informasinya disini.   Terima kasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon