Senin, 20 September 2010

Cara Membangun Backlink Berkualitas Dengan Strategi IP Address Domain

Bagaimana cara untuk membangun backlink blog yang berkualitas dengan strategi yang benar, tentu sangat perlu difahami oleh para blogger (khususnya new bie). Karena Perburuan mendapat pagerank (PR) dari google selalu dibatasi oleh waktu, maka perlu sebuah strategi yang jitu. Aktifitas lanjutan dari bisnis online dengan mengeksekusi domain berpagerank juga butuh strategi ini.
Kualitas sebuah backlink tentu tidak dapat goyahkan tergantung pada berapa PR blog yang memberikan backlink (inbaund) tersebut. Disamping itu kualitas juga dipengaruhi dari posisi mana blog kita dilink oleh sebuah blog; halaman depan, dikaki, atau hanya dalam artikel. Namun yang menjadi pertanyaan penting adalah bagaimana kalo IP Internet Protocol) Address blog yang ngelink tersebut sama (misal dari satu buah hosting), masih berkualitaskah backlinknya?


OK untuk menjawab beberapa kegamangan tersebut, maka ada baiknya kita fahami dulu mengenai beberapa pengertian dibawah ini:


Memahami IP Addres
IP addres atau alamat Internet Protocol merupakan sebuah sistem alamat dari jaringan yang direpresentasikan dengan menggunakan kombinasi 4 angka deret bilangan antara 0 s/d 255. Pada masing-masing dipisahkan oleh sebuah tanda titik (.), yang di mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.


Panjang dari IP address adalah 32 bit yang dibagi menjadi dua: yaitu network dan host. Jumlah IP address secara teori adalah 255x255x255x255 atau berjumlah sekitar 4 milyar lebih, dan ini kemudian dibagikan kepada seluruh pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Pembagian yang demikian ditujukan untuk memudahkan alokasi IP Address, baik host tertentu atau untuk keperluan lainnya.


IP Address dibagi menjadi dua bagian, yaitu  network (net ID) dan host (host ID). Net ID berperan untukalat  identifikasi akan network, sedangkan host ID berperan untuk identifikasi host dalam suatu network tersebut. Jadi, semua host dalam jaringan yang sama akan memiliki net ID sama.


Memahami IP address Domain
Domain juga dikenal dengan nama domain, kadang juga dipersamakan dengan URL (Uniform Resource Locator/ sebuah nama unik sebagai indentifikasi nama sebuah server komputer baik web atau email dalam jaringan internet. Jadi untuk mempermudah mengingat nama sebuah server yang terdiri dari sederetan angka-angka(IP address).


Coba kita ambil contoh untuk Nama domain: www.shalimow.com yang memiliki IP address : 69.89.27.217. Anda akan mengalami kesulitan untuk mengingat deretan angka tersebut bukan?. Kalau dahulu nama domain dituliskan dengan kombinasi 26 huruf saja, namun perkembangan sekarang angka juga digunakan untuk menginternasionalkan nama sebuah domain.


Karena ada jutaan domain yang ada di internet maka akan menimbulkan permasalahan dalam hal penamaannya yang bisa sama, pengelolaan database domain, dan hal lainnya. Maka dibuatlah sistem domain yang dikenal dengan Domain name system (DNS).


Pentingnya IP Untuk Optimalisasi Blog
Faktor IP address ternyata punya peran dalam SEO blog, yaitu untuk memfokuskan bidikan target pasarnya. Misalnya anda akan menjadikan pasar Amerika sebagai target maka akan sangat bagus apabila domain anda dihosting pada server Amerika. Jadi salah satu kita untuk melacak negara dari suatu hosting maka dapat melihat IP nya. Cara ini diyakini dan terbukti lebih memberikan kontribusi untuk SEO blog anda.


Lalu yang menjadi pertanyaan penting adalah: bagaimana kalau anda mempunyai puluhan atau ratusan domain yang disaimpan dalam satu hosting? Umumnya, pada satu akun hosting tertentu hanya memiliki 1 buah IP addres saja.


Kalau demikian kenyataannya maka akan ada pengaruh pada kualitas backlink apabila antar domain anda apabila saling dilinkkan. Link yang berkualitas apabila datang dari blog yang mempunyai IP addres berbeda, karena search engine (Google dan berbagai mesin pencari yang lainnya ) akan membaca popularitas blog tersebut  dari baclink oleh sejumlah blog yang diidentifikasi dimiliki oleh sekian blogger/orang.


Bagaimana solusi dari masalh ini? Karena hanya satu IP addres dari satu akun hosting maka anda perlu untuk mengakses layanan khusus dari hosting yang memberikan IP addres unik pada masing-masing domain anda. Jadi kalau layanan ini anda gunakan maka sejumlah blog yang anda miliki dan dilinkkan tetap akan mempunyai backlink yang berkualitas.


Seperti bukan rahasia bila seorang blogger memakai layanan sebuah hosting yang unlimited adalah untuk dapat memanfaatkan unlimited space dan bandwidthnya. Sehingga bisa menyimpan puluhan domain/blog pada satu akon saja. Dan yang paling berarti dan mahal harganya adalah memanfaatkannya untuk membangun backlink antar blog tersebut.


Sangat terasa manfaatnya apabila anda membangun dan memelihara ratusan blog bisnis untuk berbagai aktifitas bisnis online dan internet marketing. Misalnya anda yang sering membeli domain berpagerank, sering sekali kita temukan kondisi domain PR nya valid namun jumlah backlinknya sama sekali atau minim sehingga rawan akan terjadi dropped pagerank saat ada update pagerank google.


Namun hal tersebut akan sangat mudah anda atasi, misalkan anda punya blog dengan PR 3 sebanyak 50 buah maka seberapa banyak domain PR 3 dengan jumlah backlink berapapun maka  anda tinggal saling link maka dalam waktu satu minggu backlink tersebut sudah teridentifikasi, dan selamatlah PR dari blog berpagerank yang telah anda beli tersebut. Tidak hanya menyelamatkan paherank, bahkan kalo jumlah blog yang anda miliki mencukupi, PR nya juga mantab maka jumlah backlink akan sangat banyak dan berkualitas sehingga kelak saat ada update PR akan mengalami kenaikan.


Layanan IP address unik dari all domain anda yang tersimpan dalam sebuah hosting memang membutuhkan sedikit biaya, namun dari manfaatnya rasanya hal tersebut sangatlah wajar dan tidak mahal. Seperti layanan salah satu penyedia jasa hosting Bluehost, mereka mematok harga sebesar  $2.50 per bulan  ($30.00 per tahun year). Betapa mempermudah anda, kalau anda harus melakukan tukarlink sebanyak 50 kali dengan blog berpageran 3 kali jumlah blog anda.... capeeee bukan!!!!


Demikian info sederhana ini semoga manfaat, terima kasih

Artikel Terkait

2 komentar

Anda memiliki artikel yang sangat baik dan kualitas, seperti tv blog saya en vivo ini, terlepas dari coment colom yang Anda berikan sangat bermanfaat untuk berteman dengan blog atau situs lain, semoga lebih maju dan kreatif.

Terima kasih gan atas informasinya, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi ini, ini sungguh sangat membantu saya . mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru.
mungkin agan atau pengunjung blog agan juga membutuh kan infomasi dari saya, silahkan liat artilek saya yang sangat Mohon kunjungi website kami
www.168sdbet.com
Terima kasih


EmoticonEmoticon