Rabu, 01 September 2010

Cara Mengirim dan Menerima Uang THR Menggunakan Western Union

Tunjangan Hari Raya (THR) tak jua jelas rimbanya (H-8), kebutuhan seputar lebaran tak bisa ditunda dan mengharuskan untuk segera dieksekusi: tiket mudik sekeluarga, dls. Ketemu solusi dengan meminta tolong kepada Google untuk mengirimkan THR tersebut melalui fasilitas Western Union. OK, terima kasih Google, hadirnya kirimanmu adalah asaku diakhir Ramadhan ini. Tapi bagaimana Mengirim dan Menerima Uang THR Menggunakan Western Union?
Western Union hadir sebagai fasilitas untuk pengiriman uang dari dan ke berbagai negara di penjuru dunia. Western Union dalam operasinya menggunakan system online dan real time untuk menjangkau antero dunia termasuk Indonesia. Sampai saat ini sudah tersebar pada 200 negara dan 170.000 lebih agen. Ada jutaan TKI/TKW kita  dan keluarganya juga sudah akrab menggunakan WU sebagai jasa layanan kirim uang karena beberapa alasan; keamanan, mudah, kecepatan dan sudah sangat terpercaya.


Dengan menggunkan Western Union maka transaksi yang dilakukan hanya hitungan detik uang sudah datang. Aman karena telah dilengkapi dengan sistem yang berlapis.  Untuk menggunakannya anda tidak perlu mempunyai rekening bank dan domisili tertentu.  Untuk melakukan pengiriman uang tentulah anda akan dikenakan biaya, namun untuk penerima hanya akan membayar bea materai saja.


Western Union di Indonesia bekerjasama dengan lembaga keuangan bank dan non bank yang juga melayani jasa pngiriman uang/barang antara lain:
-    Bank Mandiri
-    Bank Syariah Mandiri
-    Pegadaian
-    Bank BII
-    Kantor Pos
-    Tiki
-    BanK Niaga
-    Bank BRI
-    Dll.

Untuk mengetahui apakah lembaga tertentu tadi menyediakan layanan western union maka bisa dilihat dari logo Western Union yang berwarna kuning dengan tulisan hitam Western Union.  Apabila ada logo anda bisa manfaatkan jasanya, namun harus mencermati karena ada yang hanya melayani pengiriman saja, sedangkan penerimaan tidak.


Karena saya sudah ngebet untuk segera mendapatkan THR maka upaya untuk mengkontak google adsense dengan melepaskan Dollar yang ngendon didalamnya. Setelah tanggal 25 setiap bulannya maka sudah bisa diakses dan dieksekusi pencairannya.


Untuk menerima kiriman Uang dari google tersebut saya segera mendatangi bank Mandiri dan beberapa langkah berikutnya:
1. Segera saya isi form aplikasi penerimaan uang.
2. Menyerahkan bukti identitas diri: KTP,SIM, Passport, biasanya dicopy oleh mereka.
3. petugas akan recek data pengiriman; nama pengirim, jumlah uang, negara asal transfer dan kode transfer pengiriman uang (kalau adsense bisa anda dapat di history payment.
4. Membayar bea penganti materai Rp. 6000,-.
5. Menunggu panggilan dari kasir, tanda tangan, uang kita terima.


Untuk melakukan pengiriman Uang Dengan Western Union prosedurnya hampir sama, bedanya adalah pada pembayaran biaya pengiriman uang yang akan di kirimkan. Sangat mudahkan!!!


Dengan langkah sederhana ini maka saya sudah memegang THR lebih dulu dari yang akan diberikan oleh perusahaan tempat bekerja. OK, Selamat berkirim uang THR, hehehe.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon