Senin, 06 September 2010

JelajahBudaya.com Media Informasi Budaya dan Gaya Hidup

Jelajah Budaya semula merupakan newsletter yang dikembangkan oleh Averroes Community dan berkembang menjadi majalah online yang bertajuk agama dan kebudayaan dan dikelola secara swadaya oleh pegiat muda di PUSPeK Averroes. Pada perkembangan berikutnya Jelajah Budaya berubah menjadi media online yang menyediakan beragam informasi, pengetahuan, berita, tips, opini dan sekedar catatan personal tentang sosial budaya, kesenian, gaya hidup (lifestyle), kuliner dan wisata yang disajikan secara aktual.
JelajahBudaya.com adalah media online berbasis komunitas sebagai ruang pengembangan informasi wacana kebudayaan. Kebudayaan dalam komunitas ini dimaknai sebagai praktik keseharian secara langsung yang dialami, dimaknai, direnungkan dan didialogkan dalam panggung realitas. JelajahBudaya.com berusaha mencoba menyuguhkan abstraksi dan pengalaman hidup di sekitar dengan perspektif yang lebih kaya dan berbeda.


JelajahBudaya.com merupakan salah satu produk informasi sosial yang didirikan oleh Averroes. JelajahBudaya.com berbentuk situs portal yang dikelola oleh beberapa penulis dan kontributor lepas dengan ditunjang manajemen keredaksian yang profesional. Para penulis tetap merupakan kontributor utama kelangsungan media ini. Mereka memiliki kesamaan minat atas tiap-tiap topik yang disajikan dan bertanggungjawab untuk memberikan informasi, wacana, pengetahuan, tips, opini dan catatan kehidupan mereka kepada para pembaca.


Tujuan utama dari didirikannya JelajahBudaya.com adalah untuk memberikan informasi yang tepat dan akurat atas sebuah masalah, mengangkat isu-isu untuk dijadikan sebagai bahan diskusi publik, memberikan analisis atas sebuah persoalan sosial, memberikan berita yang cepat dan akurat dan mengungkap hal-hal yang belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. JelajahBudaya.com dengan demikian merupakan media untuk memberikan pencerdasan dalam kehidupan masyarakat.


Kehadiran JelajahBudaya.com diharapkan mampu menjadi salah pemicu bagi munculnya kajian-kajian alternatif dalam melihat dan memaknai praktik berkebudayaan yang menjadi hak hidup setiap manusia dengan berbagai latar belakang identitas dan representasi. Dengan berbekal semangat “Menjelajah Kedalaman Kehidupan, Merayakan Keragaman”, JelajahBudaya.com menghadirkan wacana, abstraksi, dan liputan lapangan yang lebih bermakna dan berkualitas, mendalam dan bijak. JelajahBudaya.com ini diharapkan mampu menjadi salah satu ruang bersama dalam melakukan dialog kebudayaan di tengah kebuntuan modernitas dalam memahami dinamika kehidupan masyarakat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon