Senin, 08 November 2010

Pengertian Herbal dan Beberapa Produknya

Herbal, sebuah kata yang semakin sering kita dengarkan , kita baca, dll akhir-akhir ini. Tidak salah memang karena negara kita memang surganya tanaman yang dikatagorikan sebagai herbal. Karenanya bumi kita terus melahirkan beragam produk-produknya untuk kesehatan, antara lain: pembalut herbal IN3, antiseptik khusus pria: Foredi, Tisu Majakani, Kapsul gagah perkasa, dll.Foredi Jakarta


Untuk bisa lebih memahami tentang apa itu herbal maka berikut ini saya sajikan beberapa info mengenai  Pengertian Herbal dan Beberapa produknya.

Pengertian Herbal
Herbal identik dengan dunia tumbuh-tumbuhan yang tidak berkayu atau jenis  tanaman perdu. Dalam ilmu pengobatan, istilah herbal mempunyai pengertian yang cukup luas, yaitu segala jenis tanaman dan bagian-bagiannya yang yang mengandung beberapa bahan aktif yang dapat dipergunakan sebagai obat (therapeutic).

Pengertian Herbalogi
Herbalogi berasal dari sebuah kata ‘Herba’ yang mempunyai arti tumbuhan dan ‘logi’ atau ‘logos’ yang mempunyai arti ilmu. Jadi Herbalogi merupakan ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu berkait dengan dunia tumbuh-tumbuhan. Dalam dunia pengobatan herbalogi dipahami sebagai sebuah konsep atau metode pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari herba (tanaman obat).

Perbedaan Pengobatan Herbal dengan Pengobatan Kimia Sintetis
Pengobatan Herbal memang berbeda dengan engobatan Modern (umumnya menggunakan Kimia Sintetis sebagai obat). Dalam pengobatan kimia sintetis penyebab penyakit diyakini adalah virus, bakteri, dan pathogen (mikro organisme pembawa penyakit); sedangkan dalam pengobatan herbal, penyebab penyakit diyakini karena lemahnya system imun.

Konsep Pengobatan Herbal

  • Pendekatan yang digunakan lebih bersifat holistic. Tubuh manusia dilihat sebagai sebuah system harmoni yang selalu seimbang; tidak berfungsinya satu bagian tubuh akan menyebabkan ketidakseimbangan tubuh pada bagian yang lain. Jika tubuh kurang mampu melakukan penyeimbangan kembali, maka akan muncul sebuah penyakit. Jadi tujuan dari pengobatan herbal adalah usaha untuk membantu tubuh mengembalikan harmoni atau keseimbangan dalam tubuh.

  • Selain faktor eksternal, pengobatan herbal melakukan penyembuhan dengan memanfaatkan kekuatan penyembuh yang datangnya  dari faktor Spiritual, emosional, mental, dan fisikal. Kekuatan penyembuhan yang demikiandalam dunia medis modern biasa dikenal dengan Sistem Imun.

  • Sistem Imun penentu utama seseorang sehat atau sakit. Herbalogi fokus pada imunity tersebut. Sehingga pengobatan yang dilakukan untuk “Improve and maintain body immune system against external pathogen and pressure”.

  • Menggunakan seoptimal mungkin bahan  murni dari bahan herbal sebagai obat, tanpa tambahan zat kimia sintetis seperti pada pengobatan modern.


Demikian beberapa ulasan seputar pengetian herbal, Foredi Jakarta semoga info ini bermanfaat bagi anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon